Lingkar Banyumas

Peringati Hari Jadi, PMI Banyumas Galakkan Semangat Bergerak Bersama

Jumat, 17 September 2021 20:52 WIB

Peringati Hari Jadi, PMI Banyumas Galakkan Semangat Bergerak Bersama

Suara Purwokerto - Hari jadi Palang Merah Indonesia (PMI) dirayakan dalam kondisi pandemi covid-19 selama dua tahun ini. Semangat memeriahkan hari jadi ini diubah menjadi semangat menggalang pemulihan bangsa Indonesia. Seperti pada tahun ini, PMI Kabupaten Banyumas turut menyemarakkan HUT PMI ke-76 pada 17 September 2021 dengan tema 'Bergerak Bersama untuk Sesama' dengan harapan percepatan kebangkitan bangsa Indonesia dari pandemi, sesuai intruksi dari PMI Pusat.
Ketua PMI Kabupaten Banyumas Sadewo Trilastiono mengatakan, di era pandemi PMI berperan aktif dalam upaya pencegahan penurunan kematian akibat Covid-19 melalui bantuan 1500 paket kesehatan untuk pasien yang menjalani isolasi mandiri. Hal ini terbukti cukup efisien, karena tindakan ini sangat efektif membantu Pemerintah Daerah menurunkan angka kematian akibat Covid-19.
“Tidak Terasa PMI sudah berusia 76 Tahun, bukan usia yang muda lagi semoga semakin baik dalam melayani masyarakat. Diera pandemi kita sudah buktikan membantu masyarakat melalui bantuan paket-paket obat untuk pasien isoman. Ternyata sangat membatu karena waktu itu, harga obat diatas HET sehingga tidak bisa diberikan melalui pemda, alhamdulilah melalui PMI dapat diberikan untuk masyarat yang pada saat itu membutuhkan pengobatan Covid-19 dan alhamdulillah angka kematian Covid-19 menurun sejak saat itu,” katanya.
Selain pemberian obat Sadewo menambahkan, PMI Kabupaten Banyumas juga ikut membantu pelayanan vaksinasi, dengan menyiapkan tenaga medis untuk pelayanan vaksin yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Kedepannya PMI Kabupaten banyumas juga berupaya mengadakan vaksinasi sendiri dengan sasaran anak usia 12-18 Tahun. Hal ini tentunya untuk mendukung pemerintah agar pelaksanaan pembelajaran tatap muka dapat segera terlaksana secara 100%.
“Ikut membantu vaksinasi dengan menyiapkan tenaga medis, terahir kita mengirimkan 5 tim untuk membantu kegiatan vaksinasi yang dilakukan oleh BIN. Kedepannya mungkin PMI bisa melaksanakan vaksinasi secara mandiri, agar percepatan vaksinasi dapat segera tertuntaskan khususnya untuk anak usia sekolah, terutama SMP dan SMA,” lanjut Sadewo.
Peringatan HUT 76 tahun PMI di Kabupaten Banyumas di laksanakan secara daring dan luring. Rangkaian acara dilaksanakan di Unit Donor Darah dari mengikuti Kegiatan Upacara Peringatan Yang diadakan Oleh PMI Pusat secara virtual, kemudian dilanjutkan dengan acara pemberian penghargaan bagi pegawai yang sudah mengabdi di PMI. Dari masa pengabdian 10 tahun, 20 tahun, dan lebih dari 30 tahun. Selain pegawai diberikan juga penghargaan untuk Pengurus PMI Kecamatan Tergiat yang diberikan kepada PMI Kecamatan Gumelar sebagai Tergiat dalam bidang  Donor Darah, PMI Kecamatan Kemranjen sebagai Tergiat dalam bidang Generasi Muda, dan PMI Kecamatan Sokaraja sebagai Tergiat dalam bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan. Serta Pemberian penghargaan untuk Pengurus PMI Kecamatan Terlama yang diberikan kepada bapak Sarno Pribadi dari Kemranjen dan bapak Sakirun dari Lumbir. 

Penulis: Miftakhurohman

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2021 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.20.1 | Build ID: zxM9ndV3oXb1kDK9zvugk