Lingkar Banyumas

Pembangunan Gedung DPRD Banyumas Baru Dimulai

Jumat, 17 September 2021 20:17 WIB

Pembangunan Gedung DPRD Banyumas Baru Dimulai

Suara Purwokerto - Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Laksono bersama Ketua DPRD dr Budhi Setiawan dan anggota DPRD mencanangkan dimulainya pembangunan gedung baru DPRD di komplek kawasan kota baru Jl Prof Dr Ir Soekarno, Purwokerto, Jumat (17/9/2021). Pembangunan Gedung ini dilakukan mengingat Gedung DPRD Banyumas yang ada di komplek kantor Bupati Banyumas sekarang dinilai sudah tidak layak atau tidak representatif untuk mewadahi kebutuhan ruangan dan penunjang kinerja wakil rakyat.
Mempertimbangkan hal itu, Pemkab Banyumas bersama DPRD setempat menyiapkan gedung baru yang lebih luas, longgar dan memenuhi syarat keamanaan, kenyamanan, keindahan dan pelayanan ke masyarakat.
"Di gedung yang lama sudah uyel-uyelan (sempit), karena gedung yang lama dibangun tahun 1966, jadi sudah digunakan selama 55 tahun sehingga sudah tidak representatif lagi. Kami amat merasakan, sepintas memang cukup bagus ukuran di Banyumas, tapi kalau masuk ke dalam terasa sumpek," kata Ketua DPRD Banyumas dr Budhi Setiawan.
Kondisi gedung yang tidak representatif itu, membuat tidak maksimal, apalagi pada masa PPKM harus terus menjaga jarak. Saat ada kunjungan kerja dari DPRD kabupaten/kota lain maupun kegiatan internal DPRD sendiri. 
"Karena Banyumas dinilai cukup banyak prestasi, sehingga temen-temen DPRD dan eksekutif dari daerah lain, banyak yang studi banding ke sini. Tapi pada masa pandemi ini, kami kesulitan dengan ruangan yang sempit untuk bisa menerima semua bisa masuk dengan aturan prokes sehingga banyak tamu yang kecewa," katanya.
Dengan pembangunan gedung baru tersebut, ke depan, akan lebih leluasa saat menjamu tamu, untuk pelayanan aspirasi masyarakat. Selama ini, penerimaaan tamu dalam jumlah banyak memakai ruang rapat paripurna.
"Padahal ruang rapat paripurna ini, harusnya hanya digunakan untuk hal-hal yang memang sakral, hal-hal penting untuk kepentingan masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Banyumas," lanjutnya.
Ketua DPRD menyakini, dengan gedung yang dirancang dengan lahan seluas 3 hektare, dan luasan bangunan sekitar 7,543 meter persegi ini akan memberikan kepuasan terhadap warga masyarakat Banyumas.
"DPRD nantinya siap melayani dan siap bekerja keras untuk bersama-sama dengan eksekutif untuk membangun Banyumas damai dan sejahtera," lanjutnya.
Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono saat peresmian mengatakan, sebenarnya perencanaaan pembangunan gedung DPRD yang baru sudah lama periode 2004-2009, wacana itu sudah bergulir.
"Kondisinya sudah usek-usekan (berhimpitan) dan lokasi parkir juga tak teratur. Dengan gedung baru ini supaya lebih baik lagi dan dari eksekutif siap bersinergi selalu," katanya.
Penyiapan gedung yang representatif ini, menurutnya karena tugas dan beban DPRD sebagai
wakil rakyat ke depan juga makin kompleks dan berat.

Penulis: Sifahannisa

Editor: Andi Ismer

Copyright ©2021 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.20.1 | Build ID: zxM9ndV3oXb1kDK9zvugk