Lingkar Banyumas

Angin Kencang Bencana Alam Terbanyak di Banyumas

Kamis, 16 September 2021 22.47

Angin Kencang Bencana Alam Terbanyak di Banyumas

Suara Purwokerto - Ketua Pelaksana BPBD Banyumas, Titik Pujiastuti, SH, M.Pd. menyampaikan bahwa angin kencang menjadi bencana alam yang paling banyak terjadi di Kabupaten Banyumas sepanjang tahun 2020-2021. Hal ini disampaikan pada acara Rapat Koordinasi Kebencanaan Kabupaten Banyumas Tahun 2021 di Pendopo Sipanji Purwokerto, Kamis (16/09).
Titik mengatakan banyaknya angin kencang yang terjadi di Kabupaten Banyumas lumrah terjadi karena faktor iklim saat ini. Adapun daerah yang rawan terjadi angin kencang ada 13 kecamatan, yaitu Kecamatan Pekuncen, Kedungbanteng, Karanglewas, Baturraden, Sumbang, Kembaran, Purwokerto Utara, Purwokerto Timur, Purwojati, Kalibagor, Somagede, Kemranjen, Tambak, Ajibarang, Banyumas, dan Patikraja.
Upaya penanganan bencana alam angin kencang oleh BPBD terbagi menjadi 2 jenis, yakni pra kejadian dan pasca kejadian. 
“Sebelum terjadi kita berikan upaya mitigasi seperti edukasi dan edaran kepada masyarakat, sedangkan untuk pasca kejadian kita hadapi bersama dan juga beri bantuan material atau renovasi serta bantuan sembako,” katanya.
Ia juga berpesan kepada masyarakat bahwa saat ini masyarakat dimohon untuk mengantisipasi jika memiliki pohon yang sudah tinggi harap ditebang, serta melakukan renovasi apabila memiliki bangunan yang sudah lapuk agar tidak mudah roboh saat angin kencang melanda.


Penulis: Fitri Febriyani

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX