Lingkar Banyumas

Mahasiswa Matematika UNU Purwokerto Adakan Pelatihan Batik Berbasis Etnomatematika di Banjarsari Wetan

Kamis, 16 September 2021 16:30 WIB

Mahasiswa Matematika UNU Purwokerto Adakan Pelatihan Batik Berbasis Etnomatematika di Banjarsari Wetan

Suara Purwokerto - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk terjun membangun dan memajukan desa, melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).
Program tersebut sangat bermanfaat untuk memajukan desa dan implementasi kompetensi mahasiswa di masyarakat. Setelah melalui beberapa tahap seleksi, Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto lolos seleksi akhir dan mendapatkan pendanaan  Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).
Tim mahasiswa dari HIMATIKA UNU Purwokerto mengadakan Pelatihan Batik berbasis Etnomatematika di Desa Banjarsari Wetan Kecamatan Sumbang. Kegiatan ini berlangsung sejak akhir Juli 2021, diawali dengan proses sosialisasi dan sampai saat ini sudah terlaksana beberapa rangkaian kegiatan pelatihan membatik. Ibu-ibu PKK dan remaja karang taruna yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias dan bersemangat.
“Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini diharapkan dapat memberi dampak positif bagi masyarakat Desa Banjarsari Wetan, masyarakat dapat mengembangkan potensinya dan tercipta kemandirian ekonomi,” kata dosen pendamping mahasiswa tim PHP2D UNU Purwokerto Ambar Winarni, S.Si., M.Si..
Beliau juga menyampaikan bahwa mahasiswa pun dapat meningkatkan soft skill mereka melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat dan  terlibat dalam kegiatan pembangunan.
Kegiatan ini selain untuk melatih kreativitas dan perekonomian di era pandemi, juga untuk melestarikan budaya warisan yaitu batik. Kegiatan PHP2D dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan guna menjaga dan mencegah penyebaran virus di masa pandemi.
Azizah, selaku pelatih merupakan warga Banjarsari Wetan. Beliau sangat berterimakasih dengan kegiatan ini keinginan untuk menyalurkan bakat kepada warga desa dapat terwujud.
Kegiatan ini juga tak lepas dari dukungan Kepala Desa Banjarsari Wetan dan para tokoh masyarakat setempat. Dengan adanya program PHP2D ini diharapkan mahasiswa dapat memahami kehidupan nyata di masyarakat serta ikut membangun dan terus melestarikan budaya yang bermanfaat untuk kedepannya. Semoga dengan kegiatan ini, perekonomian warga desa Banjarsari Wetan menjadi lebih baik lagi.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2021 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.20.1 | Build ID: zxM9ndV3oXb1kDK9zvugk