Lingkar Banyumas

Warga RW 08 Arcawinangun Rehab Rumah Tetangga Yang Tidak Layak Huni

Selasa, 14 September 2021 22:00 WIB

Warga RW 08 Arcawinangun Rehab Rumah Tetangga Yang Tidak Layak Huni

Suara Purwokerto - Gotong royong  Warga RW 08 Kelurahan Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur patut dicontoh. Secara berkala mereka membantu rumah tidak layak huni untuk direhabilitasi. Sebagai mana yang dilakukan pada Minggu (12/9/21), Pengurus RW 08 Kelurahan Arcawinangun dan Baznas Kabupaten Banyumas  sedang melakukan proses pembangunan rumah milik Yutri, warga RT 03 RW 08 Kelurahan Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas 
Yutri saat ditemui dikediamannya,  mengaku bersyukur mendapatkan bantuan dari Pengurus RW 08 Arcawinangun dan Baznas. Dahulu rumahnya hanya terbuat dari dinding papan dan beralaskan tanah. Kini sementara dalam proses pembangunan atau rehab menjadi rumah yang layak huni dan nyaman.
“Alhamdulillah, saya senang sekaligus bersyukur sekali dapat bantuan bedah rumah dari Pengurus RW 08 dan Baznas. Mudah-mudahan nanti setelah diperbaiki kami sekeluarga sudah merasa nyaman tinggal dirumah,” ungkapnya.
Wanita yang hanya tinggal dengan cucunya  ini mengakui sebelumnya banyak bagian rumahnya yang sudah rapuh dan belum mampu untuk melakukan perbaikan karena alasan ekonomi.
“Terima kasih kepada Bapak Ketua RW 08  yang telah membantu kami  untuk mendapatkan perhatian. Berkat upayanya kami bisa tinggal di rumah layak huni ini nantinya,” tuturnya.
Warsim Ketua RT 03 RW 08 Kelurahan Arcawinangun mengatakan dalam pelaksanaan rehabilitasi ini dilakukan secara swadaya dengan melibatkan warga sekitar dan team dari baznas.
 “Semoga program ini terus berlanjut di RW 08 Arcawinangun, karena masih ada warga lain juga membutuhkan bantuan seperti ini, khususnya di RW 08. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Ketua RW 08 dan Baznas  dan semua pihak atas adanya bantuan bedah rumah ini,” tuturnya.
Menanggapi hal ini, Ketua RW 08  sekaligus Pembina Karang Taruna Arcawinangun, Deddy Purwinto mengatakan, program bedah rumah atau yang dikenal dengan Rehab Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ) ini diharapkan bisa menjadi rumah yang nyaman bagi masyarakat tidak mampu di lingkungan RW 08 Arcawinangun.
“Kedepan harapan kita ada lagi rumah-rumah warga di RW 08 Arcawinangun yang tidak layak huni akan diperbaiki, sehingga masyarakat tidak mampu dapat menikmati hunian yang lebih layak,” imbuhnya.
Menurut Deddy program RTLH ini secara rutin dilakukan setiap 6 (enam) bulan sekali minimal ada 1 (satu) unit rumah tidak layak huni di RW 08 Arcawinangun yang mendapatkan bantuan untuk diperbaiki, yang sumbernya dari swadaya masyarakat sendiri atau bantuan dari sumber lain.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2021 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.20.1 | Build ID: zxM9ndV3oXb1kDK9zvugk