Lingkar Banyumas

Kwarran Karanglewas Gelar Aksi Peduli, Tanggulangi Wabah Covid-19

Jumat, 10 September 2021 21:39 WIB

Kwarran Karanglewas Gelar Aksi Peduli, Tanggulangi Wabah Covid-19

Suara Purwokerto - Karanglewas : Hingga saat ini Pemerintah terus melakukan upaya pencegahan dan menghentikan pandemi covid-19. Pramuka sebagai "Duta Perubahan Perilaku" dituntut terus menunjukkan kepedulian terhadap penanganan covid-19, sebagai perwujudan semangat untuk membantu menanggulangi bencana akibat wabah tersebut.
Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Karanglewas Kuntoro Heryanto mengatakan aksi peduli dilakukan sebagai perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bangsa Indonesia, juga di seluruh dunia.
"Kegiatan ini wujud peran dari Pramuka di Kwarran Karanglewas, ikut membantu dalam penanggulangan bencana covid-19 dan bela negara. Sejalan dengan upaya untuk menggerakkan pramuka di seluruh gugus depan guna membantu pemerintah daerah mengendalikan wabah, serta membantu warga yang terdampak," kata Kuntoro dalam keterangan tertulisnya Jumat (10/9/2021).
Kegiatan aksi peduli yang dilakukan yaitu penyemprotan desinfektan dan penyerahan sembako. Penyemprotan desinfektan dilakukan dirumah warga isoman dan sekitarnya di 5 desa di Wilayah Kecamatan Karanglewas yang meliputi desa Karangkemiri, Babakan, Singasari, Jipang dan  Pangebatan.
"Warga Isoman di Desa Karangkemiri sebanyak 1 orang, Desa Babakan 1 orang, Desa Singasari 2 orang, Desa Jipang 4 orang dan Pangebatan 1 orang. Mereka diberikan paket sembako yang berisikan beras, gula, minyak, kecap, susu kental manis, teh dan mie instan," jelasnya.
Kuntoro menambahkan aksi sosial yang dilakukan para anggota pramuka juga menjadi bagian dari upaya pendidikan karakter untuk menumbuhkan insan yang berkepribadian, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, peduli, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga serta membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
“Kegiatan penanggulangan wabah penyakit tersebut merupakan bukti eksistensi bahwa Gerakan Pramuka menjadi bagian penting dalam upaya bela bangsa dan negara kita tercinta," lanjutnya.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2021 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.20.1 | Build ID: zxM9ndV3oXb1kDK9zvugk