Lingkar Banyumas

Kodim 0701/Banyumas Miliki Tim Pemakaman Jenazah Covid-19

Minggu, 27 Juni 2021 05.58

Kodim 0701/Banyumas Miliki Tim Pemakaman Jenazah Covid-19

Suara Purwokerto - Semakin meningkatnya kasus kematian pasien Covid- 19 di Banyumas, sepekan terakhir menyebabkan tenaga pemakaman mengalami kelelahan. Sebagai antisipasi Kodim 0701/Banyumas telah membentuk 1 (satu) tim yang terdiri dari 13 anggota sebagai petugas pemakaman jenazah Covid-19. 
Maka jangan heran apabila dibalik Baju APD Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19 ternyata adalah TNU anggota Kodim. Tim ini dibawah naungan BPBD Kabupaten Banyumas untuk melaksanakan pemakaman jenazah dengan protokol kesehatan yang ketat.
Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra S.E.,M.I.Pol., mengatakan Kodim Banyumas memiliki tim pemakaman jenazah Covid-19 atas permintaan dari BPBD Kabupatena Banyumas guna membantu melaksanakan pemakaman jenazah karena melonjaknya kematian akibat Covid-19.
"Di Kabupaten Banyumas sehari ada belasan jenazah yang harus dimakamkan." katanya Sabtu (26/6/2021).
Dandim menjelaskan sebelum menjadi tim pemakaman jenazah, personil sudah mengikuti pelatihan dan tata cara pemakaman jenazah Covid-19 oleh tim dari BPBD kabupaten Banyumas agar sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat. 
"Kita siagakan tim pemakaman jenazah 24 jam, jadi baik siang maupun malam hari jenazah Covid-19 bisa langsung kita makamkan sesuai dengan tempat yang sudah di sediakan oleh BPBD kabupaten Banyumas. Mereka tak mengenal lelah demi melaksanakan tugas mulia ini." terang Dandim.
Kepada masyarakat khususnya di kabupaten Banyumas Dandim meminta agar melaksanakan himbauan dari pemerintah untuk menjalankan protokol kesehatan dalam melaksanakan semua kegiatan dengan 5 M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. 
"Hal ini harus dilaksanakan agar jangan ada korban lagi akibat Covid-19," pungkasnya.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX