Lingkar Banyumas

Wabup Sadewo, Uji Coba Trasportasi Air di Halte Serayu Papringan

Minggu, 20 Juni 2021 17.50

Wabup Sadewo, Uji Coba Trasportasi Air di Halte Serayu Papringan

Suara Purwokerto - Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono melakukan uji coba Angkutan Serayu Banyumas (Angsamas) di Halte Papringan Banyumas, Minggu (20/06/2021). Uji coba dilakukan dengan perahu milik Pesona Wista Kalisuren (PWK) Desa Papringan yang digagas oleh Atam, Kepala Desa Papringan pada tahun 2019 lalu. 
Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengatakan bahwa Pemkab Banyumas akan mengadakan perahu pada anggaran perubahan mendatang sekitar bulan September. Namun mengingat animo masyarakat yang cukup tinggi maka uji coba dilakukan saat ini.
“Ini sebenarnya salah satu program “Hasta Krida” kami Bupati Waki Bupati Banyumas, digenjot sehingga saat ini sudah ada dua halte di Papringan dan Tambaknegara.  Tahun ini akan dimbah dua lagi dan tahun 2022, Dirjen Perhubungan Darat menjanjikan akan membangun Pelabuhan/Dermaga di Kedung uter Banyumas,” katanya
Wakil Bupati tidak menyangka bahwa animo masyarakat khususnya pegiat wisata, begitu antusias mereka bahkan suadah menyiapkan perahu sendiri.
“Tadinya saya kira mereka enggan, sehingga Pemda akan memancing, dengan membeli perahu dulu tetapi banyak kelompok masyarakat yang sudah siap. Dinas Perhubungan sendiri sudah melatih mereka tentang keselamatan, sehingga para penumpang nantinya aman,” kata Wabup
Wakil Bupati juga berharap nantinya tidak hanya perahu yang untuk anggkutan dan pariwisata, tetapi juga ada perahu makan dan lain sebagainya contoh gedenya kaya yang di Eropa tetapi perahu kelas Indonesia. Sadewo mengatakan pengembangan lebih besar ke wisata, namun jika Bendara sudah runing well, sekarang baru semingu berapa kali, ia optimis warga sekitar sini akan memilih angkutan ini karena lebih cepat karena tidak macet.
“Saya berharap nantinya Sungai Serayu akan ramai hilir mudik perahu, di beberapa halte akan banyak warga berjualan makanan khas Banyumas untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat,” terangnya
Imam Basroil dari Paguyuban Masyarakat Penggiat Sungai Serayu (PMPS) Rawalo mengaku siap mengoperasikan 5-6 perahu dalam waktu dekat. Bahkan pihaknya telah menyiapkan beberapa desain perahu yang bisa menjadi rujukan beberapa operator nantinya. Seperti perahu untuk Wedding, Perahu untuk mancing dan sebagainya. 
“Kita berharap semua anggkutan kapal atau perahu nantinya mempunyai ciri khas tentang Banyumas atau Serayu,” katanya  
Imam Basroil berharap Pemkab memberi kesempatan untuk masyarakat lokal untuk menjadi operator, sebelum melangkah ke Investor. 
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas Agus Nur Hadie mengaku bahwa hari ini adalah ujicoba dan awal kegiatan Angkutan Sungai Serayu (Angsamas). Setelah lancar tahapan yang akan dilakukan selanjutnya akan dibuat trayek dan penetapan tarif mengingat banyak operator yang sudah ingin bergabung biar seragam. Dalam uji coba ini tarif masih kesepakatan antara penumpang dan pemilik perahu.
Agus menambahkan setelah dua halte ini, akan dibangun lagi dua halte di Desa Tumiyang Kecamatan Kebasen dan di Sokawera Kecamatan Patikraja pada tahun 2021 ini.
“Sedangkan pada tahun 2022 Dirjen Perhubungan Darat berencana membangun Pelabuhan/Dermaga di Kedungunter Banyumas. Angkutan ini nantinya untuk pariwisata dan transportasi air dan saling terkoneksi antara Dermaga dan halte-halte,” jelas Agus Nur Hadie 
Lulu salah satu warga Papringan mengaku senang bisa ikut uji coba naik perahu bersama Wakil Bupati dan rombomngan. Uji coba dengan peralatan yang ada seperti pelampung menurutnya menjadi lebih aman dan lebih nyaman.
“Nantinya dengan adanya Angsamas, masyarakat disini bisa lebih maju untuk menjual barang barang produksi UMKM khas Banyumas,” katanya

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX