Lingkar Banyumas

Bocah Alam Anak Jaman Tanam Pohon Ayoman Jalan

Selasa, 25 Februari 2020 18:58 WIB

Bocah Alam Anak Jaman Tanam Pohon Ayoman Jalan

Suara Purwokerto - Berbagai elemen pelstari alam atau kelompok peduli lingkungan yang tergabung dalam Bocah Alam Anak Jaman (BAAJ) bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Banyumas, menanam pohon ayoman di sepanjang Jalan Magdun wali Karanglewas, Sabtu (22/2) lalu. BAAJ yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Trax Community, Mayapada, UPL Unsoed, Wapala IT Telkom Purwokerto dan Trash Bag. Mereka juga mendapat dukungan dari Polsek Purwokerto Barat dan Polsek Karanglewas.
Juru bicara BAAJ, Soni Sumarsono mengatakan aksi sosial ini dilakukan dalam rangka ikut memperingati Hari Jadi Banyumas ke-449, yang jatuh pada tanggal 22 Febaruari. 
"Ada sekitar 180 orang dari 11 elemen yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Di antaranya dari Bocah Alam Anak Jaman (BAAJ), Trax Comunity Jakarta, kelompok pecinta alam sejumlah kampus dan instansi pemerintah yang terkait," kata Sony
Sedikitnya ada 80 pohon ayoman jenis damar yang ditanam. Menurutnya tujuan penanaman pohon selain untuk pelestarian alam, sekaligus untuk menopang paru-paru kota Purwokerto.
“Ini cara kami sebagai pelestari alam atau kelompok peduli lingkungan memperingati Hari Jadi Kabupaten Banyumas dengan memilih melakukan aksi nyata menanam pohon ayoman” katanya.
Bibit pohon yang ditanam, umur enam bulan dengan ketinggian rata-rata di atas satu meter. Sehingga saat musim hujan ini iharapan bisa cepat tumbuh.
Sony menambahkan setelah aksi tersebut, pihaknya saat ini sedang mendata ruas-ruas jalan yang masih minim pohon ayoman. Selama ini, mereka yang tergabung dalam kelompok pelestari alam ini sudah menanam pohon di banyak tempat untuk pelestarian sumber air dan paru-paru kota. Bahkan pohon beringin di Alun alun sebelah barat daya BAAJ lah yang menginisiasi.
“Setelah ini ada rencana kami ada penghijauan di bekas TPA Gunung Tugel yang sudah direklamasi. Sekarang sudah terkumpul bibit sekitar 600 batang dan ini masih dikumpulkan terus,” katanya.
Kelompok pelestari alam ini, yang didampingi Dinas Lingkungan Hidup tidak hanya fokus pada penanaman semata. Namun juga untuk pemeliharaan. Ini sekaligus untuk mendukung pencipataan ruang terbuka hijau di berbagai lokasi di wilayah Banyumas

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.16.1 | Build ID: pmCtWOYYre0vWgHzLSP_f