Lingkar Banyumas

Bupati Banyumas, Ajak Investor Bangun Pabrik Garmen di Randegan

Kamis, 06 Februari 2020 12:47 WIB

Suara Purwokerto -  : Bupati Banyumas Achmad Husein, membawa pemilik perusahaan garmen Sansan Saudaratek Jaya untuk meninjau lahan sekitar 44 hektar,di Desa Randegan Kecamatan Wangon Banyumas Selasa (4/2/2020). Lahan seluas itu, rencananya dijadikan kawasan industri garmen di Banyumas. 

Bupati mengatakan tahapan pembangunan kawasan industri ini akan dimulai akhir pada tahun 2020, dengan meratakan lahan, dan membagi setiap blok berdasarkan kondiai tanah dan persil. Setiap blok direncakan luasnya sekitar 5 hektar, untuk sekitar 3- 4 pabrik garmen.

“Langkah selanjutnya akan dilakukan pembebasan lahan warga, untuk akses jalan menuju ke jalan raya. Ada dua alternatif, yakni melalui Desa Randegan atau melalui Desa Wangon,” katanya

Menurut Husein, setelah lahan sudah rata dan sudah ada akses jalan. Maka selanjutnya pihak swasta yang akan membangun pabriknya. 

"Jadi sudah ada satu yang sudah mau membangun pabrik garmen, yakni dari PT. Sansan Saudaratek. Saya minta untuk Pak Gunaras pemilik Sansan, untuk mengajak investor lainya untuk membangun pabrik disini," kata Husain.

Sementara itu,General Manager Sansan Saudaratek Jaya Gunaras mengatakan tertarik untuk membuat pabrik di Banyumas. Dengan alasan upah yang masih cukup terjangkau, selain itu disediakan lahan dan juga kemudahan perijinan.

" Di Banyumas upahnya relatif murah, kemudian kita dibantu disediakan lahan. Saya akan mengajak pelaku garmen lainya, untuk bangun pabrik di kawasan industri ini," kata Gunaras.

Dengan pembangunan kawasaan industri ini, diharapkan bisa menyerap 10 ribu tenaga kerja. Dengan tenaga kerja yabg diutamakan berasal dari Banyumas. Kawasan industri garmen ini, rencanaya akan dihubungkan ruas tol Jogja- Cilacap- Tasikmalaya.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.16.1 | Build ID: pmCtWOYYre0vWgHzLSP_f