Lingkar Banyumas

Korban Tenggelam di Kalibener Kalibagor Ditemukan

Selasa, 28 Januari 2020 05.23

Suara Purwokerto - Tim pencarian dan pertolongan (SAR) berhasil menemukan seorang warga yang dilaporkan hilang akibat tenggelam di Sungai Bener, Desa Pekaja Kecamatan Kalibagor Banyumas. Korban bernama Sanirsad (80), warga Desa Pekaja, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas, ditemukan Senin sekitar pukul 14.30 WIB dalam kondisi sudah meninggal dunia. 

Koordinator Tagana Kabupaten Banyumas Heriana Ady Chandra mengatakan jenazah Sanirsad tersangkut dirumpun pohon waru yang menjorok ke Sungai Serayu berada di wilayah Desa Tumiyang Kecamatan Kebasen. Kemudian, jenazah di evakuasi ke Bendung Gerak Serayu Desa Tambaknegara Kecamatan Rawalo.

Jenazah kemudian dilakukan pemeriksaan oleh Puskesmas Rawalo, Polsek Rawalo dan Polsek Kebasen. Selanjutnya berdasarkan keinginan keluarga, jenazah dibawa ke RSUD. Banyumas menggunakan Ambulance RAPI Banyumas untuk dilakukan pensucian jenazah. Tim INAFIS Polres Banyumas dan Polsek Kalibagor menyusul guna melakukan pemeriksaan di RSUD Banyumas.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan, tidak ditemukan tanda penganiayaan, korban murni mengalami kecelaakan tenggelam. Jenazah kemudian diserahkan ke pihak keluraga guna dikebumikan," jelasnya

Ady Candra menambahkan, peristiwa nahas yang dialami korban atas nama Sanirsad pertama kali diketahui oleh Wardikun, warga Desa Pekaja RT 05 RW 02, pada hari Sabtu (25/1), sekitar pukul 12.00 WIB.

Saat itu, Wardikun melihat Sanirsad hanyut terbawa arus Sungai Bener, sehingga dia segera meminta bantuan kepada rekannya, Senen, warga Desa Pekaja RT 05 RW 02, untuk menolong korban.

Tetapi upaya pertolongan yang dilakukan Wardikun dan Senen tidak membuahkan hasil karena arus Sungai Bener sangat kencang sehingga tubuh korban hanyut hingga akhirnya tenggelam. Oleh karena itu, Wardikun dan Senen segera melaporkan kejadian tersebut ke pemerintah desa setempat yang diteruskan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas.

Selain personel Basarnas Kantor SAR Cilacap, operasi SAR tersebut juga melibatkan personel BPBD Kabupaten Banyumas, Koramil Kalibagor, Polsek Kalibagor, Tagana Kabupaten Banyumas, SAR Banyumas, RAPI Kabupaten Banyumas, Pramuka Peduli Pemuda Pancasila, MDMC Kabupaten Banyumas, Senkom Banyumas, Linmas Inti, Serayu Rescue Banyumas, Purwokerto Rescue, KSB Sumbang, Damkar Kebumen, PMI Kabupaten Banyumas, MDMC, SAR Muhammadiyah,  Pemdes Pekaja
serta dibantu keluarga dan masyarakat setempat.

Ady mengakui adanya beberapa kendala yang dihadapi tim SAR dalam melakukan pencarian korban tenggelam di Sungai Bener ini sehingga cukup memakan waktu yang lama.

“Kendala yang dalam pencarian berupa arus sungai yang deras, debit air bertambah, dan area pencarian yang luas,” jelasnya.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX