Lingkar Banyumas

Wakil Gubernur Resmikan Jembatan Kali Sarangan

Selasa, 14 Januari 2020 22.33

Suara Purwokerto - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, meresmikan jembatan Kali Sarangan Desa Karangsalam, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, Senin (13/1/2020). Dengan diresmikan jembatan tersebut, warga mengaku senang dengan dibangunnya jembatan Kali Sarangan. Adanya jembatan tersebut memudahkan masyarakat untuk menyeberang Kali Sarangan tanpa harus turun langsung ke sungai.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, jembatan Kali Sarangan sangat memudahkan akses masyarakat di dua desa, yaitu Desa Karangsalam dengan Desa Alasmalang. Adanya jembatan itu membuat lalu lintas perdagangan dan ekonomi kedua antara dua desa tersebut lancar.

“Perdagangan dua desa itu bisa lancar, sehingga komoditas unggulan bisa terjual dengan baik dengan kualitas baik, karena perjalanan sudah lancar,” terangnya.

Dariman, warga Karangsalam, mengatakan di seberang sungai ada dua RT dengan total hampir 100 KK. Sebelum jembatan Kali Sarangan dibangun, warga sekitar harus nyemplung dan basah-basahan ke sungai hanya untuk menyeberang. Bahkan saat musim penghujan mereka bisa terisolasi karena tidak dapat menyeberang.

Diakui, jalan lain untuk menyeberang ada, tetapi jaraknya terlalu jauh. Itu pun hanya dapat dilewati dengan jalan kaki. Kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil, tidak dapat melintas.

“Begitu ada jembatan itu sekarang sudah mudah, masyarakat melintasi jalur ini. Terus di sana ada produk unggulan yaitu durian kromo. Jadi banyak warga dari luar desa dan daerah datang ke sana. Sebelum dibangun sangat sulit karena masuk ke dalam sungai,” ungkapnya

Warga lainnya, Sainem dan Siti Sofiana juga merasa senang karena pemerintah telah membangun jembatan Kali Sarangan. Sekarang keduanya tidak perlu menunggu air sungai surut kalau ingin menyeberang saat hujan atau debit air tinggi.

“Dulu kalau hujan harus nunggu surut dulu baru bisa menyeberang. Sekarang kami senang karena sudah dibuatkan jembatan yang bagus. Ini menguntungkan bagi kami,” ujar Siti

Wakil Gubernur Taj Yasin menyampaikan, jembatan tersebut merupakan salah satu hasil dari program satu SKPD satu desa binaan yang dicanangkan Pemprov Jateng. Pembangunan jembatan Kali Sarangan itu merupakan andil dari Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Jateng yang menjadi pembina Desa Karangsalam.

“Ini hasil dari program desa binaan SKPD, dalam hal ini Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Jateng. Adanya jembatan ini dapat membantu masyarakat untuk mengangkut hasil kebun, yaitu durian Kromo,” katanya.

Selain membangun jembatan, Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya juga membantu 10 rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Karangsalam. Salah satunya, rumah milik Ratinah di RT 3 RW 5 Desa Karangsalam.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX