Lingkar Banyumas

43 Penggalang Kwarran Sumbang Ikuti Ujian Golongan Garuda

Sabtu, 30 November 2019 20.17

43 Penggalang Kwarran Sumbang Ikuti Ujian Golongan Garuda

Suara Purwokerto - Sebanyak 43 pramuka penggalang di Kwarran Sumbang mengikuti penilaian uji kelayakan sebagai Pramuka Garuda Sabtu (30/11/2019) di Halaman Sanggar Bakti Pramukanya. Mereka berasal dari pangkalan SMP dan MTs SE Kwarran Sumbang yaitu peserta dari SMP Negeri 1 Sumbang sebanyak 17 anak didik, SMP Muhamadiyah 2, MTs Ma'arif NU Sumbang 5, SMP Negeri 2 Sumbang, SMP Negeri 3 Sumbang 4, SMP Negeri 4 Sumbang 4 dan MTs Negeri 3 Banyumas sebanyak 5 andik.
Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Sumbang Agus Supriyono mengatakan 43 calon pramuka garuda tersebut diuji oleh 9 penguji dari pengurus Kwarran Sumbang. Menurutnya untuk mencapai tingkatan tertinggi sebagai anggota Pramuka, yaitu Pramuka Garuda tidaklah mudah. Karena seorang anggota pramuka sudah harus memenuhi beberapa persyaratan untuk mencapai tingkat paling atas di golongannya itu.
"Itulah sebabnya, dari sekian banyak anggota Gerakan Pramuka, hanya sedikit yang bisa mencapai tingkatan tertinggi sebagai Pramuka Garuda," tambahnya.
Agus menambahkan pelaksanaan pengujian Garuda Penggalang di bagi dalam lima bidang yaitu Syarat Kecakapan Umum (SKU), Syarat Kecakapan Khusus (SKK), Hasta Karya, surat keterangan berkepribadian baik, dan kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Proses penilaian agar dilaksanakan secara benar sesuai prosedur dan berharap anak-didik untuk bisa mengikuti dengan serius, sungguh-sungguh, semangat dan jangan takut atau tegang.
"Mereka disini diuji ulang, karena mereka telah melalui proses di pangkalan atau gugus depan (Gudep) Pramuka bersangkutan, maka untuk mencapai Pramuka Garuda, pihak pengujinya adalah pelatih yang ditunjuk Kwarcab untuk melakukan pengujian dan  wawancara," katanya
Sekretaris Bidang Bina Muda Kwarcab Banyumas Handoko mengatakan kegiatan ini merupakan pengejawantahan dari target kwarda untuk bisa mencetak pramuka garuda sebanyak mungkin di Jawa Tengah, karena Kwarcab Banyumas merupakan Kwarcab tergiat di Jawa Tengah maka mentargetkan untuk tahun ini sebanyak 4000 pramuka Garuda.
"Walau tarjetnya cukup banyak namun diharapkan dalam penilaian tidak asal-asalan, tapi juga jangan terlalu keras sehingga anak didik takut, kalaupun ada kekurangan sedikit adik-adik di berikan kesempatan ataupun remidial dalam waktu yang disepakati," katanya
Salah satu peserta Riris dari MTs Negeri 3 Banyumas mengaku sangat senang dan bangga bisa mengikuti ujian Pramuka Garuda. Meski mengaku agak berat tanggungjawabnya jika nanti bisa di lantik dan dikukuhkn sebagai Pramuka Garuda, dia mengaku siap.
"Tentu kami akan menjaga diri dan menjaga karakter kesehariannya agar bisa mencerminkan anak yang baik dan menjadi teladan bagi Pramuka dan masyarakat sekitar," katanya.

Penulis: Ery Kusnanto, S.Pd

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX