Lingkar Banyumas

LP Maarif NU Kabupaten Banyumas Launching Madrasah Inklusi

Rabu, 27 November 2019 15:28 WIB

Suara Purwokerto ,- Sedikitnya 15 sekolah/madrasah di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LP) Maarif NU Provinsi Jawa Tengah menjadi sasaran pelaksanaan program layanan pendidikan inklusi. Dari ke-15 sekolah tersebut, tujuh di antaranya berada di Kabupaten Banyumas.

Dalam pelaksanaan program layanan pendidikan inklusi di madrasah, LP Maarif NU Jateng bekerja sama dengan Unicef. 

"Di wilayah Jateng ada 15 madrasah yang menjadi sasaran program kami, beberapa di antaranya ada di Kabupaten Banyumas," kata Program Officer Kerjasama LP Maarif NU Jateng dan Unicef, Asadul Yusro. 

Untuk mendukung sukses program tersebut, Pengurus Cabang LP Maarif NU Kabupaten Banyumas menggelar acara bertajuk Launching Madrasah Inklusi, bertempat di Pendopo Sipanji Purwokerto, Rabu (27/11).

Kegiatan ini melibatkan Kepala SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, serta pengurus sekolah di bawah naungan LP Maarif NU setempat. 

“Alhamdulillah, sekitar 300 peserta hadir mengikuti kegiatan ini sekaligus mendukung Kabupaten Banyumas sebagai Kabupaten Inklusi,” kata MH Rohman, Wakil Sekretaris LP Maarif Kabupaten Banyumas.  

Masih menurut MH Rohman, selama setahun terakhir ada tiga sekolah yang menjadi binaan LP Maarif Jateng untuk penerapan pendidikan inklusi. Ketiga sekolah tersebut adalah MI Salafiyah Kebarongan, MTs Maarif 1 Sumpiuh, dan MTs Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto. Selain itu, beberapa sekolah dan madrasah saat ini dalam tahap rintisan menuju sekolah inklusi; di antaranya MI Maarif NU Bentul dan MI Maarif NU Ciberem.

Acara launching madrasah inklusi dikemas dalam bentuk Kampanye Pendidikan Inklusi yang menampilkan tiga pembicara, masing-masing Dr Fauzi MAg (Ketua PC LP Maarif NU Kabupaten Banyumas), Muinatul Khoeriyah (Direktur Rumah Inklusi Kebumen), dan R Andi Irawan MAg (Ketua PW LP Maarif NU Jawa Tengah).

Usai paparan dari ketiga narasumber dilanjutkan dengan dialog dan tanya jawab, dipandu oleh Asadul Yusro selaku moderator. (*)

Penulis: Saefudin

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Rabu, 27 November 2019 12:52 WIB

50 Marbot Masjid Ikuti Pelatihan

Jumat, 08 November 2019 14:04 WIB

Sarasehan LDNU-LTMNU Banyumas

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 8nX9q6XEmiVu81vLSM2jq