Lingkar Banyumas

Mahasiswa Profesi Keperawatan Unsoed Praktik di Rempoah Baturraden

Sabtu, 23 November 2019 12:29 WIB

Mahasiswa Profesi Keperawatan Unsoed Praktik di Rempoah Baturraden

Suara Purwokerto - Mahasiswa Program Professi Fakultas Keperawatan Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) Purwokerto melaksanakan Praktik Klinik Profesi Ners Stase Keperawatan Komunitas, Keluarga dan Gerontik di Desa Rempoah Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas. Kegiatan diikuti sebanyak 31 mahasiswa berlangsung mulai 4 Nopember dan akan berakhir tanggal 28 Desember mendatang.
Para mahasiswa ini melaksanakan 3 program yang sudah diputuskan dan musyawarah masyarakat desa (MMD) berapa waktu lalu. Program yang disepakati yaitu masalah kesehatan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), kesehatan remaja, dan kesehatan lansia.
Ketua kelompok 1 Eko Suwardiyanto  mengatakan untuk program lansia diadakan senam sehat lansia dan juga  pengecekan tensi, gula darah dan konsultasi kesehatan yang dilaksanakan setiap hari Sabtu pagi.
"Acara dihadiri sekitar 30  lansia mereka terlihat antusias mengikuti senam dan minta diperiksa tensi dan gula darahnya," katanya Sabtu (23/11) di halaman Musholla Baitul Dzakirin Rempoah.
Secara bergiliran para mahasiswa melakukan pengecekan gula darah dan tensi adalah mahasiswa S1 keperawatan. Menurut Eko dalam aktivitas ini para mahasiswa dalam arahan serta pengawasan Puskesmas Baturraden 2.
"Program kerja yang dilaksanakan selama KKL ini, secara garis besar ada tiga hal: yaitu masalah kesehatan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), kesehatan remaja, dan kesehatan lansia," tambahnya
Jadi program disepakati dalam MMD diperuntukkan warga masyarakat Rempoah, apa yang dibutuhkan warga, tindak lanjutnya, dan sebagainya.
“Sehingga tugas yang kami lakukan disini antara lain penyuluhan-penyuluhan semua masalah kesehatan, jadi termasuk tentang gaya hidup sehat,” tambah Eko
Salah satu lansia Edi mengaku senang bisa senam bersama. Selama ini dirinya enggan untuk mengikuti kegiatan di Pasyandu lansia.
"Setelah mendapat ajakan dari mahasiswa saya datang ternyata ada senam ada pemeriksaan kesehatan dan saya dapat door prize," katanya senang

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 8nX9q6XEmiVu81vLSM2jq