Lingkar Banyumas

SDN 1 Karangklesem dan SDN2 Karangpucung Juara Pesta Siaga

Senin, 18 November 2019 20:29 WIB

Barung merah dari pangkalan SDN 1 Karangklesem usai menerima piala mereka berhak mewakili Kwarran Purwokerto Selatan pada ajang yang sama ditingkat Kwarcab

Suara Purwokerto - Barung merah putra SDN 1 Karangklesem dan barung kuning putri SDN2 Karangpucung menjadi juara Pesta Siaga yang digelar oleh Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Purwokerto Selatan di Taman Rekreasi Andang Pangrenan Purwokerto, Senin (18/11/2019). Pesta siaga diikuti 600 pramuka siaga yang terbagi dalam 30 barung putra dan 30 barung putri. Mereka adalah pelajar SD dan MI dari seluruh sekolah yang ada di Kecamatan Purwokerto Selatan.
Ketua Kwarran Drs Djaswito mengatakan kegiatan ini diikuti sebanyak 600 pramuka siaga, mereka harus bermain di 9 pos taman bermain antara lain taman Ketaqwaan, pengetahuan kepramukaan, penglihatan dan ingatan, tali dan ikatan serta kompas, kereta bola basket, pentas budaya, PBB dan bumbung kemanusiaan.
“Kegiatan ini dilaksanakan dalam satu hari, dibuka oleh Camat Purwokerto Selatan Alex Manurung, selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Purwokerto Selatan,” katanya.
Hadir dalam pembukaan, antara lain Korwilcam Purwokerto Selatan, Forkopimca Purwokerto Selatan dan Pengurus Kwarran Purwokerto Selatan.
Djaswito berharap kegiatan tersebut dipergunakan sebagai sarana mengasah kemampuan, keterampilan dan kerjasama dalam kepramukaan. Selain akan menerima penghargaan peserta juga akan menjadi wakil Kwarran Purwokerto Selatan dalam lomba yang sama di Tingkat Kwarcab Banyumas.
Pada kegiatan pesta siaga sikap kejujuran menjadi prioritas untuk menanamkan nilai budi pekerti kepada anak. Panitia menekankan kejujuran dan transparan dalam penilaian, dan membuat anak riang serta gembira.
"Saya berharap kegiatan tersebut dipergunakan sebagai sarana mengasah kemampuan, keterampilan dan kerjasama dalam kepramukaan, sebagai bentuk pelatihan pendidikan karakter peserta " terangnya
Pemimpin Barung Hijau dari pangkalan SD Negeri 3 Karangpucung Salwa Rahmadani mengaku senang bisa mengikuti pesta siaga. Selain bisa bertemu dengan teman temannya bisa menambah pengetahuan.
"Asik bisa bertemu dengan teman teman dan menambah pengetahuan dan pengalaman," kata Salwa
Dari hasil penilian dewan juri, Barung Tergiat I Putra diraih SDN 1 Karangklesem, tergiat II SDN 2 Karangpucung, tergiat III SDN 1 Purwokerto Kidul. Tergiat IV (Harapan 1) SDN 5 Teluk, Tergiat V (Harapan 2) SDN 4 Karangpucung dan tergiat VI (Harapan 3) SDN 1 Karangpucung
Sedangkan Barung Tergiat I Putri diraih SDN 2 Karangpucung, tergiat II SDN 2 Berkoh, tergiat III SDN 3 Karangpucung. Tergiat IV (Harapan 1) SDN 1 Tanjung, tergiat V (Harapan 2) SDN 3 Purwokerto Kulon dan Tergiat VI (Harapan 3) SDN 3 Tanjung.
Penyerahan piala dilaksanakan dalam upacara penutupan di Lapangan Taman rekreasi Andang Pangrenan Purwokerto

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Sabtu, 23 November 2019 20:49 WIB

Pramuka SMPN 1 Patikraja Miliki Pratama Baru

Jumat, 22 November 2019 08:22 WIB

Kwarcab Banyumas Tambah 82 Pembina Baru

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 8nX9q6XEmiVu81vLSM2jq