Lingkar Banyumas

Mahasiswa Fakultas Teknik Unsoed Dibekali Bimbingan Perkawinan

Minggu, 10 November 2019 20:40 WIB

Mahasiswa Fakultas Teknik Unsoed Dibekali Bimbingan Perkawinan

Suara Purwokerto - Membekali informasi, orientasi dan pengalaman untuk menuju perkawinan, mahasiswa Fakultas Teknik Unsoed di Purbalingga mendapat Bimbingan Perkawinan Pranikah Usia Remaja di Aula Fakultas setempat dari Sabtu sampai Minggu, 9-10 November 2019.
Program yang terselenggara atas kerja sama antara Fakultas Teknik Unsoed dengan Seksi Bimas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga ini memberikan pengalaman  peserta mengenal tahap awal mempersiapkan diri merencanakan jenjang perkawinan kelak.
Kepala Seksi Bimas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Mukhlis Abdillah, S.Ag., MH menyampaikan bimbingan perkawinan pranikah usia remaja menjadi program nasional Kementerian Agama RI yang dilaksanakan oleh kabupaten/kota. Menurutnya, bimbingan ini sebagai salah satu respon atas tingginya angka perceraian skala nasional, khususnya di Kabupaten Purbalingga.
“Mahasiswa menjadi salah satu sasaran program ini. Peserta diajak merencanakan tahapan sebelum menuju jenjang pernikahan dibawah bimbingan fasilitator dari Kemenag,” terang pria yang juga menjadi fasilitator tersebut.
Mukhlis menambahkan, salah satu penyebab dominan terjadinya perceraian karena faktor ekonomi, yaitu terkait nafkah keluarga. Selain itu pudarnya nilai sakral dari perkawinan, sehingga sebagian masyarakat menganggap perceraian sebagai hal yang lumrah.
“Melalui bimbingan ini menguatkan kepada peserta tentang sakralnya tali pernikahan. Perlunya merencanakan dalam membangun keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah di masa depan,” katanya.
Ketua Panitia, Musmuallim menjelaskan kegiatan ini diikuti oleh 100 orang  mahasiswa usia masa remaja menuju dewasa. Mahasiswa perlu punya modal pengetahuan rencana membangun keluarga yang diharapkan.
Modal pengetahuan itu, lanjut Musmuallim sebagai bekal untuk menapaki masa kematangan usia menikah. Karena konten materi perkawinan tidak secara detail diajarkan dalam kelas perkuliahan pendidikan agama Islam di Unsoed.
“Fakultas Teknik Unsoed menyambut dengan baik program ini. Sangat membantu membekali pengalaman tentang perkawinan. Ke depan akan digelar bimbingan perkawinan angkatan III, IV dan V pada 23-24 November mendatang,” pungkas pria yang juga Dosen Pendidikan Agama Islam Fakultas Teknik tersebut.

Penulis: Musmuallim Ma’arif

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 8nX9q6XEmiVu81vLSM2jq