Lingkar Banyumas

Dukung Pengurangan Sampah Plastik, BRI Ajibarang Bagikan Tumbler

Selasa, 22 Oktober 2019 18:17 WIB

Dukung Pengurangan Sampah Plastik, BRI Ajibarang Bagikan Tumbler

Suara Purwokerto - Sampah plastik merupakan limbah paling banyak yang ditemukan di bumi ini. Dari sampah-sampah plastik itu, botol air minum kemasan pun menjadi salah satu penyumbang terbesarnya. Dalam upaya mengurangi sampah plastik BRI Ajibarang melakukan aksi pembagian Tumbler kepada Bunda PAUD se Kabupaten Banyumas Selasa (22/10/2019) di Pendapa Sipanji Purwokerto. Aksi ini juga dilakukan untuk mendukung kebijakan Bupati Banyumas Achmad Husein dalam pengurangan sampah plastik dan pembatasan timbulan sampah plastik sekali pakai di Banyumas.
Kepala BRI Ajibarang Anton Hendra Wijaya mengatakan sampah plastik yang belakangan ini menjadi permasalahan semua pihak merupakan masalah bersama yang harus dihadapi bukan hanya dari satu pihak, tetapi perlu keterlibatan berbagai pihak. BRI sebagai lembaga yang bergerak di bidang jasa keuangan ikut peduli dengan lingkungan sekitar area operasinya pada kesempatan ini memprakarsai kegiatan pembagian Tumbler
“Kami berharap dapat tercipta budaya masyarakat yang sejalan dengan program- program Banyumas Bebas Sampah Plastik, Banyumas Go Green and Clean," katanya
Anton berharap pembagian Tumbler ini dapat mengedukasi masyarakat melalui Bunda PAUD dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-harinya.
Dalam penelitian Earth Hour Indonesia menunjukkan bahwa penguraian sampah botol plastik membutuhkan waktu selama 450 tahun. Hal ini menjadi dilema di kalangan masyarakat. Botol air minum yang sejatinya membantu kita dalam mengusir dahaga ternyata memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan. 
"Nah, sebagai salah satu solusinya kita dapat membawa botol air minum atau tumbler sendiri yang dapat digunakan secara berulang. Selain membantu menjaga lingkungan, kita juga bisa lebih hemat karena tidak harus beli air minum kemasan," tambah Anton
Bunda PAUD Banyumas Erna Husein menyambut baik aksi pembagian souvernir dari BRI Ajibarang berupa Tumbler. Dengan menggunakan  tumbler, selain bisa menghemat uang untuk membeli minuman di luar, membawa tumbler sendiri juga salah satu cara mengampanyekan pengurangan limbah plastik.
 “Mengganti botol minum kemasan menjadi botol tumbler merupakan salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk mengurangi limbah botol plastik. Selain ramah lingkungan, kita juga dapat mengurangi polusi yang disebabkan dari botol plastik itu sendiri,” kata Bunda Paud Erna Husein.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 8nX9q6XEmiVu81vLSM2jq