Lingkar Banyumas

Bupati Banyumas Terima Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Dari Wakil Presiden

Selasa, 15 Oktober 2019 16.04

Bupati Banyumas Terima Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Dari Wakil Presiden

Suara Purwokerto - Bupati Banyumas Achmad Husein menerima Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (15/10). Penghargaan ini diserahkan bersamaan dengan 45 inovator terbaik yang telah mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019.
Pada acara tersebut, Wapres JK didampingi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin. Penyerahan itu diberikan Wapres JK kepada para kepala lembaga atau kepala daerah. Seluruh pimpinan instansi hadir dalam acara bergengsi ini.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengatajan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019 ini terdiri dari 8 kementerian dengan 9 inovasi, 4 lembaga sebanyak 4 inovasi, 5 provinsi dengan 5 inovasi, 16 kabupaten dengan 17 inovasi, 9 kota sebanyak 9 inovasi, dan 1 BUMN dengan 1 inovasi. 
“Kompetisi ini adalah simbol kuatnya upaya pemerintah untuk menghadirkan kualitas pelayanan publik yang menjawab harapan masyarakat,” jelas Menpan RB.
KIPP merupakan perwujudan gerakan One Agency One Innovation Yang digalakkan Kementerian PANRB. Kompetisi yang bisa diikuti oleh seluruh instansi pemerintah ini diselenggarakan sebagai pembinaan inovasi pelayanan publik dalam pelaksanaan reformasi birokrasi. Tujuannya adalah pemberdayaan pemberdayaan, pembelajaran, dan pengembangan untuk menyebarluaskan ide kreatif, gagasan, dan terobosan pelayanan publik di Indonesia guna percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik.
Proses kompetisi ini dimulai dari pendaftaran proposal sebanyak 3.156 proposal yang mendaftar, dan menunjukkan peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang hanya 2.824 proposal. Dari hasil desk evaluation, diperoleh Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019.
Setelah tahap Top 99, dilakukan evaluasi lapangan oleh tim evaluator dan tim panel independen. Dari hasil penilaian lapangan, ditentukan 45 inovasi terbaik yang ditetapkan  Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019. 
"Instansi yang berpartisipasi pada KIPP 2019 juga berkesempatan mengikuti kompetisi tingkat dunia yaitu The United Nations Public Service Awards (UNPSA) yang diselenggarakan PBB," katanya
Bupati Banyumas Achmad Husein mengaku bangga dengan prestasi ini. 
"Terimakasih kepada kreator dan relawan Mitra kurir langit, kerja keras kalian membanggakan Banyumas," katanya

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX