Lingkar Banyumas

Smapa Basketball Campionship Hadirkan Pemain Nasional

Jumat, 06 September 2019 13:51 WIB

Smapa Basketball Campionship Hadirkan Pemain Nasional

Suara Purwokerto - Pagelaran lomba basket antar sekolah se-Banyumas Raya yang diadakan SMA Negeri 4 Purwokerto, diikuti 40 Tim dari tingkat SMP dan SMA. Kegiatan dengan nama Smapa Basketball Campionship (SBC) ini diselenggarakan dalam rangka memperingati ulang tahun sekolah. Penyelenggara menghadirkan bintang tamu, pemain nasional yaitu Firman Dwi Nugroho yang sempat mengenyam pendidikan di sekolah tersebut. Firman adalah center tim nasional bola basket putra Indonesia ini, juga merupakan pemain Liga Bola Basket ASEAN (ABL).
Sebelum pertandingan final putra kelompok SMA, Firman mengaku senang dan bangga dengan perkembangan basket di Banyumas yang ditunjukan dengan banyaknya event yang digelar. Saat diberi kesempatan untuk memotivasi peserta Firman memastikan dengan ketekunan berlatih semua akan bisa diraih.
"Kalian masih muda, masih terbuka jalan yang lebar, untuk itu tetapkan konsisten dengan basket, terus berlatih secara rutin, kerja keras diiringi doa, bukan suatu hal yang mustahil kalian akan bermain pada liga profesional maupun masuk Tim Nasional,” kata Firman. 
Final kategori SMA putra mempertemukan SMAN 4 melawan SMAN 1 Purwokerto dan SMA Negeri 1 berhasil menjadi pemenang dan menjadi Juara 1. Sedangkan untuk kategori SMA putri yang mempertemukan SMA Tamansiswa Banjarnegara dengan SMK Negeri 1 Purwokerto yang dimenangkan tim dari Banjarnegara.
Pemenang kompetisi ini mendapatkan hadiah trophy, piagam, dan uang tunai jutaan rupiah. Hadiah diserahkan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Purwokerto Arif Priadi. Mengingat antusiasme peserta, Kepala Sekolah yang sebentar lagi pindah ke SMA Negeri 1 Purwokerto itu merencanakan akan terus menyelenggarakan tiap tahunnya.
“Antusiasme peserta cukup baik dengan hadirnya 40 tim pada kegiatan ini, kami berharap akan menjadi agenda tahunan, sekaligus memberi wadah kepada anak-anak muda yang mempunyai hobi bermain bola basket, untuk berprestasi” kata Arif Priadi saat menyaksikan pertandingan final Kamis (5/9) malam di lapangan basket SMA N 4 Purwokerto.
Ketua Panitia SBC Januar Dwijaya Rilastyo mengatakan tim yang hadir mengikuti kegiatan ini tidak hanya dari eks karesidenan Banyumas juga ada Tim dan SMP Negeri 2 Tonjong Brebes. 40 tim yang hadir terdiri dari 16 tim SMA putra, 8 tim SMA putri, 8 tim SMP putra dan 8 tim SMP putri. 
Menurutnya pada pertandingan ini terlihat banyak siswa/i yang memiliki bakat yang berpotensi untuk dikembangkan. Dia berharap kedepanya oleh pihak sekolah agar nantinya benar-benar menjadi atlet basket sampai tingkat nasional seperti Firman.
Hasil lengkap kejuaraan untuk SMA Putra juara 1 SMA Negeri 1 Purwokerto, juara 2 SMA 4 Purwokerto, juara 3 SMA Puhua Purwokerto. Juara SMA Putri juara 1 SMK Taman Siswa Banjarnegara, juara SMK Negeri 1 Purwokerto dan juara SMA Negeri 1 Purwokerto.
Untuk tingkat SMP juara SMP Putra juara 1 SMP Susteran Purwokerto, juara 2 SMP Puhua dan juara 3 SMP 1 Banjarnegara. Untuk putri juara 1 SMP Negeri 1 Sumbang, juara 2 MTs 3 Banjarnegara dan juara 3 SMP Negeri 1 Banjarnegara.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 8nX9q6XEmiVu81vLSM2jq