Lingkar Banyumas

Bersamaan Grebeg Suran, Banjarpanepen Dicanangkan Desa Sadar Kerukunan

Senin, 02 September 2019 22:00 WIB

Bersamaan Grebeg Suran, Banjarpanepen Dicanangkan Desa Sadar Kerukunan

Suara Purwokerto - Desa Banjarpanepen Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas, penduduknya terdiri dari bermacam-macam pemeluk agama. Namun mereka sangat menjaga kerukunan dan toleransi antar umat ber agama.
Dengan dasar itulah Desa Banjarpanepen Dicanangkan menjadi desa sadar kerukunan, Senin (2/9/19) bersamaan dengan pelaksanaan Grebeg Suran. Pencanangan dilakukan oleh Bupati Banyumas Ir. H Achmad Husein. Turut hadir anggota Forkompinda, Plh. Kepala kementerian Agama dan FKUB KAB Banyumas. Kegiatan ini mengusung semboyan “Bapenku satu  Bapenku maju”.
Bupati berharap dengan adanya launching, seruan kerukunan menyebar ke desa dan daerah lain dan menjiwai di dalam hidup kita, masyarakat, bangsa dan negara demi NKRI.
“Prosesi Grebeg Suran juga merupakan budaya leluhur. Hal itu diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat pada Tuhan”, kata Bupati.
Plh Kepala Kementrian Agama Kabupaten Banyumas Ibnu Asaddudin mengatakan program desa sadar kerukunan umat beragama  merupakan salah satu program unggulan yang bertujuan melestarikan pengembangan kerukunan umat beragama.
“Kita di lahirkan pada rahim yang berbeda, pada letak geografis yang berbeda dan pada lingkungan masyarakat dan sosial yang berbeda pula, maka mari kita rangkai perbedaan ini menjadi sesuatu yang saling melengkapi”, kata Ibnu.
Acara di meriahkan dengan penampilan seni dan budaya local seperti lengger, calung Banyumasan dan takiran.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 31aJ0MuO18PZM3MdYoDSu