Lingkar Banyumas

Anggota Racana IAIN Purwokerto ikuti Scout Leadership

Minggu, 01 September 2019 17:28 WIB

Anggota Racana IAIN Purwokerto ikuti Scout Leadership

Suara Purwokerto - Sejumlah 25 anggota Racana Sunan Kalijaga Cut Nyak Dien pangkalan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto mengikuti kegiatan scout leadership yang digelar Sabtu (31/8/2019) sampai Minggu (1/9/2019) di Gedung Student Center IAIN Purwokerto. Acara tahunan kali ini mengusung tema "Ambeg Parama Arta" yang berarti pemimpin yang mampu mengutamakan kesejahteraan dan kepentingan umum.
Ketua Dewan Racana Farkhan Khabibi mengatakan dalam kepemimpinan di Dewan Racana harus berlandaskan nilai-nilai Dasa Dharma Pramuka. Pemimpin yang mampu mengedepankan nilai yang ada dalam Dasa Darma Pramuka tersebut mampu menjadi pemimpin yang berkarakter, dinamis dan bermanfaat bagi diri sendiri serta sesama warga racana.
"Scout Leadership ini sebagai tahap untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan anggota pramuka melalui serangkaian kegiatan dan membekali generasi muda dengan tekad yang kuat agar mempunyai bekal mengahadapi perkembangan zaman," katanya
Sementara itu Ketua Reka Kerja (Panitia) Agung Rezkiani menyampaikan Scout Leadership salah satu bentuk pelatihan kepemimpinan di Racana Sunan Kalijaga Cut Nyak Dien. 
"Kegiatan ini bertujuan untuk pembekalan terhadap Anggota Racana untuk menjadi Dewan Racana IAIN Purwokerto", katanya.
Di depan pembina upacara, Agung melaporkan bahwa para peserta mendapatkan materi antara lain analisis diri, public speaking,  administrasi gudep, organisasi racana, dan scout leadership mentality.

Penulis: Wilda

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 8nX9q6XEmiVu81vLSM2jq