Lingkar Banyumas

SMAN Ajibarang Buka Lapak Baca di Arena Jumbara

Minggu, 01 September 2019 14:10 WIB

SMAN Ajibarang Buka Lapak Baca di Arena Jumbara

Suara Purwokerto - Perpustakaan SMANA SMA Negeri 1 Ajibarang membuka lapak baca Si Gokil melaui Gerobak Optimalisasi Skill Literasi, Jumat (30/8) hingga Senin (2/9) di arena Jumbara ke-26 PMI Kabupaten Banyumas di Desa Karangklesem, Kecamatan Pekuncen. Si Gokil merupakan perpustakaan keliling yang dimiliki oleh SMA Negeri 1 Ajibarang. 
Kepala sekolah Drs. Tjaraka Tjunduk Karsadi, M.Pd mengatakan sebagai penguat program sekolah peduli lingkungan, SMAN 1 Ajibarang berupaya mewujudkan fungsi sekolah sebagai taman belajar dan organisasi pembelajaran yang menjadikan semua warganya sebagai pembelajar sepanjang hayat. Menurutnya Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan upaya menyeluruh dengan melibatkan semua warga sekolah (guru, peserta didik, orang tua/wali murid) dan masyarakat sebagai bagian dari ekosistem pendidikan.
"Gerakan Literasi Sekolah memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai”, katanya
Sementara itu Koordinator Perpustakaan Irsyam Prihadi, S.Sos M.Si mengatakan Si Gokil hadir di tengah-tengah event Jumpa Bakti Gembira dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca generasi muda yang ada di sekitar lokasi tersebut. Si Gokil berisikan berbagai macam buku seperti buku dongeng, novel, cerpen, majalah dan lainnya. 
"Untuk menarik pengunjung yang datang ke lapak Si Gokil, Tim Perpustakaan SMA Negeri 1 Ajibarang menyiapkan give away. Untuk mendapatkan give away tersebut, para pengunjung cukup datang, mengisi daftar hadir, baca buku yang disukai, lalu ceritakan kembali isi buku yang telah dibaca. Buku-buku yang ada di Si Gokil untuk sementara hanya bisa dibaca ditempat dan tidak untuk dibawa pulang," jelas Irsyam
Di lapak Si Gokil pengunjung juga bisa bermain “Tangga Literasi”. Cara bermainnya tidak jauh berbeda dengan cara memainkan permainan ular tangga. Pemain melemparkan dadu, angka yang muncul yang akan menentukan pemain harus menempati kotak mana.
"Setiap kotak mempunyai challenge dan bagi pemain yang bisa bermain hingga finish akan mendapatkan hadiah dari para pustakawan," tambahnya
Berbagai terobosan yang dilakukan oleh Pustaka SMANA bertujuan untuk menumbuhkan minat baca siswa-siswi SMAN 1 Ajibarang maupun masyarakat sekitar. Pada kegiatan ini, sebagai upaya edukasi kepada  masyarakat maupun peserta kemah  melalui pustakawan muda Smana termasuk cara pembuatan ecobrick sebagai penguat program Bupati Banyumas dalam pengendalian sampah plastik.
Pada kesempatan ini pustakawan Riyati Eka Pamuji, S.I.Pust, Meitha Indah Wisanti, S.I.Pust, dan Suryati dengan didukung oleh Tim Perpustakaan yang terdiri dari petugas perpustakaan, guru dan karyawan secara bergantian berjaga di Stan Si Gokil.

Penulis: Wiwit Uji Sharaswati

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 31aJ0MuO18PZM3MdYoDSu