Lingkar Banyumas

Universitas Harapan Bangsa Juara IoT for Smart City

Minggu, 01 September 2019 07:01 WIB

Universitas Harapan Bangsa Juara IoT for Smart City

Suara Purwokerto - Universitas Harapan Bangsa Purwokerto berhasil menjadi juara lomba Internet of Things (IoT) for Smart City yang digelar oleh Microsoft User Group Indonesia (MUGI) Purwokerto Sabtu (31/8/2019). Karya Retno Agus Setiawan dan Alan Bayu Aji dengan judul "Meningkatkan Pemasukan Pajak Kendaraan Melalui Det" mengungguli Tim dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang mersih juara 2 dan juara 3 diraih oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. 
Penilaian babak final dilaksanakan di Pendopo Sipanji Purwokerto diikuti 30 finalis dari berbagai kota di Indonesia. Mereka sebagian besar pelajar dan mahasiswa yang  ikut serta dalam mempelajari dan mengembangkan teknologi.
Ketua Mugi Purwokerto Agus Suparno S.Si, M. Eng mengatakan MUGI adalah sebuah komunitas yang dibentuk untuk mewadahi para antusias teknologi khususnya Microsoft. Kegiatan lomba digelar dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74.
"Kami mengajak generasi penerus bangsa untuk ikut aktif dalam mengisi kemerdekaan Indonesia dengan mengajak generasi milenial menuangkan ide dan gagasannya melalui karya teknologi," katanya.
Agus menambahkan proses lomba sudah dimulai tanggal 31 Juli dimana peserta sudah harus menyerahkan ide konsep. Kemudian peserta juga wajib meng Upload video preview prototipe ke Instagram dan YouTube.
"Generasi muda cukup antusias dalam lomba, ada sebanyak 45 peserta mengirimkan karyanya. Tetapi panitia sepakat yang berhak masuk final 30 peserta," katanya.
Ketua MUGI Purwokerto ini bangga bahwa lomba yang digelar mendapat sambutan positif dari Pemkab Banyumas. Hal ini terbukti acara final digelar di Pendapa Sipanji dan dibuka oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein dan ditutup oleh Sekda Banyumas Ir Wahyu Budi Saptono, M.Si.
Sekda Banyumas Ir Wahyu Budi Saptono M.Si sangat mendukung kegiatan ini. Menurutnya di era industri 4.0 peran generasi muda dalam pengembangan teknologi sangat dibutuhkan guna kemakmuran dan kemajuan bangsa dan negara. 
"Lomba ini sangat mendukung Pemkab Banyumas sebagai salah satu 100 kota menuju Smart City," katanya.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 8nX9q6XEmiVu81vLSM2jq