Lingkar Banyumas

Meriahkan HUT Kemerdekaan RI,SDN Pangebatan Adakan Karnaval

Minggu, 18 Agustus 2019 21.40

Meriahkan HUT Kemerdekaan RI,SDN Pangebatan Adakan Karnaval

Suara Purwokerto - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 74, SD Negeri Pangebatan Kecamatan Karanglewas mengadakan kegiatan karnaval. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat (16/8) diikuti oleh lebih dari 500 peserta yang terdiri dari siswa-siswi dan guru SDN Pangebatan, Siswa dan Guru TK Pertiwi, serta para wali murid yang tergabung dalam wadah Paguyuban Wali Murid.
Kegiatan karnaval dengan berjalan kaki menempuh jarak sekitar 3 km dengan start dan finis di halaman sekolah. Kepala Sekolah SD Negeri Pangebatan, Riyadi menjelaskan, kegiatan karnaval ini dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan sekolah dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.
“Sebelumnya sudah dilaksanakan kegiatan lomba-lomba, pemasangan umbul-umbul, baliho, dan kegiatan pendukung lainnya,” katanya.
Dirinya juga menjelaskan bahwa penyelenggaraan karnaval dan kegiatan lainnya merupakan upaya untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan sekaligus menanamkan jiwa nasionalisme, cinta tanah air dan patriotisme kepada anak-anak.
“Dengan kegiatan semacam ini saya berharap anak-anak akan mencintai tanah air dan bangsanya, serta tumbuh jiwa nasionalisme,” katanya
Pada kegiatan karnaval yang bertemakan “Ayo Membangun Desa Pangebatan Melalui Pendidikan” tersebut, berbagai kreatifitas anak dalam berpakaian dan berhias ditampilkan. Melalui kegiatan itu para siswa menampilkan berbagai ide yang diwujudkan melalui bentuk pakaian yang dipilih dan dikenakannya.
Dengan penuh semangat mereka mengenakan berbagai pakaian adat hingga memilih pakaian profesi yang menjadi gambaran cita-cita mereka. Satu hal yang luar biasa membanggakan adalah adanya dukungan dari orangtua siswa yang bergabung dalam wadah paguyuban orang tua siswa di masing-masing kelas. Mereka banyak membantu memberikan doorprice untuk para peserta sekaligus membantu mengatur kegiatan karnaval dan lomba sebelumnya.
“Ini sangat membanggakan sekolah karena wali murid ternyata banyak terlibat secara langsung dalam kegiatan lomba dan karnaval,” ujar Kepala Sekolah. 
Dua merasakan orangtua sebagai bagian dari keluarga SDN Pangebatan yang begitu dekat sehingga banyak membantu kegiatan sekolah. Usai kegiatan karnaval dilanjutkan pembagian doorprice yang sudah disediakan sekolah dan merupakan sumbangan dari para guru dan wali murid. Lebih dari seratus jenis doorprise dibagi dengan antusias kepada para peserta karnaval.

Penulis: Riyadi

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX