Lingkar Banyumas

785 Calon Akan Berlaga Dalam Pilkades Serentak 23 Juli

Selasa, 16 Juli 2019 20.27

785 Calon Akan Berlaga Dalam Pilkades Serentak 23 Juli

Suara Purwokerto - Sebanyak 785 Calon Kepala Desa akan memberebutkan kursi Kepala desa di 257 Desa yang akan digelar serentak Selasa 23 Juli mendatang. Untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif Bupati Banyumas bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) mengumpulkan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimkec) Selasa (16/7/2019) di Rumah Daun Purwokerto. Kegiatan tersebut difasiliasi oleh Kantor Kebangpol Kabupaten Banyumas.
“Saya percaya Camat dengan di back up Kapolsek dan Danramil dapat menciptkan suasana dan kondusif baik menjelang, saat pelaksanaan maupun paska pemilihan kepala desa,” kata Bupati Achmad Husein.
Menurut Bupati setiap pelaksanaan pemilihan kepala desa, selalu timbul berbagai masalah mulai dari saat pendaftaran dan seleksi calon. Permasalahan yang ada hendaknya dapat segera diantisipasi untuk meminimalisir timbulnya perselisihan diantara calon maupun botoh.
“Meski permasalahan pilkades ditangani oleh Panitia, banyak WA masuk ke saya yang menceritakan permasalahan. Ketika saya tidak menjawab dikira saya tidak peduli. Padahal permasalahan yang ada yang dilakukan oleh panitia bisa dilaporkan ke Panitia Pengawas,” katanya.
Bupati berharap tahapan Pilkades sesuai dengan rencana yang ditetapkan sehingga sesuai rencana pelantikan bisa dilaksanakan tanggal 31 Juli 2019.
“Mengingat yang dilantik banyak sebanyak 257 Kades, belum termasuk istri/suami dan juga biasanya membawa pendukung, maka pelantikan akan dilaksanakan di GOR,” katanya.
Dandim 0701 Banyumas Letkol Infantri Candra, SE, M.I Pol mengaku siap membackup Polri dalam hal pelaksanaan Pilkades serentak. Letkol Chandra menggaris bawahi masa titik kerawanan terjadi mulai pelaksanaan kampanye.
“Kami mohon kepada Danramil untuk dapat memantau perkembangan situasi,” katanya.
Sementara itu Kapolres Banyumas yang diwakili oleh Kabag Sumda Kompl Mugiman SH, MH mengaku pihaknya siap mengamankan pelaksanaan Pilkades. Meski jumlah aparat terbatas sesuai intruksi pimpinan pihaknya sudah meminta bantuan kepada Polres tetangga minimal satu peleton.
“Kami sudah berkoordinasi dengan Polres Purbalingga, Polres Kebumen, Polres Cilacap dan Polres Brebes,” katanya.
Mugiman menyebutkan menurut data dari pemantau Polres Banyumas, dari 257 desa yang melaksanakan Pilkades 249 cenderaung aman, namun ada 8 Desa yang diindikasikan ada kerawanan tertentu.
“Desa tersebut adalah Banjarsariwetan Kecamatan Sumbang, Desa Panembangan dan Gununglurah Kecamatan Cilongok, Desa Tipar Kidul Kecamatan Ajibarang, Desa Pajerukan dan Kaliori Kecamatan Kalibagor, Desa Karangtengah Kecamatan Baturraden dan Desa Kedungurang Kecamatan Gumelar,” jelasnya
Kepada Camat, Kapolsek dan Danramil untuk lebih mewaspadai desa tersebut, sementara juga akan di back up oleh Forkompinda yang akan melakukan pemantauan secara terpisah.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX