Lingkar Banyumas

Deklarasi Pilkades Damai di Wlahar Wetan

Sabtu, 06 Juli 2019 09:14 WIB

Suara Purwokerto - Sebanyak 3 Calon Kepala Desa (Kades) yang akan berkontestasi dalam Pemilihan Kepalal Desa (Pilkades) Desa Wlahar Wetan Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas mendeklarasikan bersama-sama untuk Pilkades Damai di Loka Wisata Desa Bumi Tambangan Desa Wlahar Wetan, Jum'at(5/7). Sebelumnya, pada Rabu (3/7) lalu mereka telah resmi dinyatakan sebagai calon Kades dan mendapatkan nomor urut pemilihan.

Plt.Kepala Desa Wlahar Wetan Musa Biyanto menyampaikan desa punya peran strategis sehingga dalam situasi menjelang pilkades perlu perhatian serius.
Dengan telah ditetapkannya calon kepala desa sekaligus undian no urut bagi 3 orang calon kades maka untuk memahami tahapan selanjutnya guna ciptakan iklim yang sejuk saat Pilkades perlu deklarasi damai ini.

“Maksud dan tujuan deklarasi ini adalah untuk suksesnys Pilkades sesuai peraturan perundangan. Menciptakan, menjaga situasi yang tertib dan kondusif. Selain itu juga dapat untuk mensosialisasikan Deklarasi Pilkades Damai kepada seluruh pendukung dan simpatisan calon kades masing-masing,” ungkapnya.

Deklarasi Pilkades Damai ini juga dihadiri oleh undangan terdiri dari Forkompinkec, Panitia pilkades, Panitia Pengawas, Plt. Kades, BPD, seluruh lembaga desa yang ada di desa Wlahar Wetan, calon kades dan pendukungnya. Selain mengikrarkan komitmen Pilkades Damai, mereka juga menandatangani bersama komitmen tersebut di kain putih yang disediakan.

Sementara itu, Camat Kalibagor Siswoyo Spd.MM dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemdes Wlahar Wetan serta organisasi karang taruna sebagai penggagas acara, ini merupakan suatu hal yang membanggakan, karena karang taruna sebagai wadah para generasi muda mempunyai gagasan serta kepedulian terhadap hal yang  kemungkinan bisa saja terjadi sebagai imbas dari pilkades.

Pada kesempatan itu seluruh calon dan pendukungnya sengaja dikumpulkan guna melaksanakan ikrar damai secara seremonial, kegiatan ini dalam rangka agar semua calon kades menyamakan persepsi dan komitmen guna dukung Pilkades jadi suatu ajang demokrasi yang bermartabat. berintegritas, bebas kampanye hitam, hoax, isu SARA, ujaran kebencian, money politic dan sebagainya.

“Saya titip kepada bapak ibu calon kades agar bisa bangun situasi kondusif di Pilkades 23 Juli nanti. Saya titip juga agar bisa saling bersaing dengan sehat. Saling tonjolkan visi misi tunjukan bahwa njenengan mampu melaksanakan ajang demokrasi ini dengan baik,” katanya.

Ia menambahkan bahwa beda pilihan adalah hal biasa, namun yang terpenting adalah tidak membuat saling bermusuhan terpecah belah, konflik, tentunya kalah menang suatu hal yang biasa. Ia memohon agar nantinya para calon kades bisa menerima dengan legowo lapang dada apapun hasil Pilkades sebab keputusan sudah diatur oleh yang di atas.

“Jangan sampai ada gesekan konflik oleh karenannya kami ingin ajak seluruh komponen masyarakat, bisa bergandeng tangan sengkuyung dan sukseskan Pilkades  Selamat berkontestasi semoga semangat persaudaran semangat kekeluargaan bisa wujudkan Pilkades Desa Wlahar Wetan yang berintegritas, bermartabat, tertib aman dan kondusif,” ungkapnya.

Penulis: Manto

Editor: Ismer

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: gGD0ttnFvl5RuVvcC7qN4