Lingkar Banyumas

Kwartir Ranting Sumpiuh Gelar Perkemahan Antar Saka

Minggu, 30 Juni 2019 17:29 WIB

Kwartir Ranting Sumpiuh Gelar Perkemahan Antar Saka

Suara Purwokerto - Kwartir Ranting Sumpiuh menggelar perkemahan antar satuan karya (Peransaka) Sabtu-Minggu (29-30/06/2019) di Lapangan Nusadadi, kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas. Kegiatan ini yang baru pertama kali digelar ini diikuti oleh 5 satuan karya (Saka) yaitu Saka Bayangkara, Saka Kencana, Saka Kalpataru, Saka Bakti Husada dan Saka Pustaka dibuka oleh Camat Sumpiuh selaku Ketua Mabiran Abdul Kudus.
Ketua Kwarran Sumpiuh Siti Nurhasanah mengatakan Peransaka ini mengusung tema "Karya Nyata Untuk Sumpiuh Juara" Hal tersebut untuk membangun semangat Pramuka kwartir ranting Sumpiuh untuk meraih juara, dan memiliki karya dalam kepramukaan yang benar-benar terjadi atau nyata. 
"Peran saka ini di ikuti oleh 57 peserta penegak dan pandega yang berasal  dari 5 satuan karya (Saka) di Kwarran Sumpiuh," katanya
Sementara itu Camat Sumpiuh sebagai Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) mengatakan Pramuka sebagai gerakan yang menanamkan nilai-nilai luhur seorang pramuka yang menjadi kode kehormatan dan kode moral gerakan pramuka, dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mendidik karakter bangsa. 
"Jika pendidikan pramuka dipraktekkan dalam kegiatan di alam bebas dan terbuka seperti perkemahan ini, akan memudahkan untuk menanamkan karakter seorang pramuka sejati, karena dalam perkemahan akan tertanam tanggungjawab, kerjasama, saling menghargai dan menghormati diantara teman-temannya," kata Abdul Kudus

Penulis: Anggita Nurul Arifin

Editor: Parsito

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: gGD0ttnFvl5RuVvcC7qN4