Lingkar Banyumas

Calon Anggota Saka Bhayangkara Banyumas Ikuti Gladi Tangguh

Minggu, 30 Juni 2019 17:25 WIB

Calon Anggota Saka Bhayangkara Banyumas Ikuti Gladi Tangguh

Sebanyak 30 calon anggota Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Banyumas mengikuti Gladi Tangguh II Jum'at - Sabtu (28-29/6/2019) di Desa Sambirata Kecamatan Cilongok. Kegiatan ini menjadi salah satu syarat untuk pencapaian menjadi Anggota Saka Bhayangkara.
Pamong Saka Bhayangkara Polres Banyumas Bripda Alif saat membuka kegiatan gladi mengatakan bahwa, Gladi Tangguh II merupakan salah satu proses jenjang pendidikan dalam satuan karya Bhayangkara Polres Banyumas. Hal tersebut bertujuan untuk membentuk fisik yang kuat, pribadi yang tangguh, memiliki watak dan berbudi pekerti luhur, meningkatkan kemampuan ketrampilan "Scouting Skill" kebhayangkaraan. 
"Kalian nanti akan melakukan perjalanan jauh atau  "long march" menempuh jarak sejauh 15 Km dengan melewati medan yang berbukit dan menembus hutan pinus di Kawasan Wisata Bukit Gondang Grumbul Karanggondang Desa Sambirata Kecamatan Cilongok," katanya
Alif berpesan agar peserta menjaga kekompakan dalam perjalanan, mematuhi aturan berlalu lintas, tidak melakukan perbuatan yang merugikan pihak manapun dan melakukan tugas yang diberikan instruktur dan pamong saka.
Ketua Dewan Saka Bhayangkara Kwarcab Banyumas Aria Saefudin mengatakan bahwa dalam kegiatan "long March" peserta berhenti di beberapa pos untuk langsung mempraktekkan pendidikan manajemen perjalanan, berbivak, memasak darurat, bela diri Polri, panggilan luar biasa, manajemen penanggulangan bencana dan uji kemampuan fisik.
"Pada kegiatan ini sebagai Instruktur adalah dari unsur Pamong Saka, Instruktur Saka dan Tagana Kabupaten Banyumas, mereka mendampingi peserta muli start hingga finish di Lapangan Desa Sambirata," kata Aria.
Kak Aria menambahkan setelah peserta melaksanakan Gladi Tangguh II, mereka akan dilantik menjadi Anggota Saka Bhayangkara dan secara resmi mendapatkan Badge Saka Bhayangkara. Namun sebelum menerima bagde, mereka akan mengikuti Pembinaan Tradisi (Bintra) untuk memperoleh Bagde Saka Bhayangkara terlebih dahulu, dimana pelaksanaan kegiatan biasanya dilaksanakan 1 minggu setelah Gladi Tangguh.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: gGD0ttnFvl5RuVvcC7qN4