Lingkar Banyumas

Forum BUMDes Banyumas Adakan Silaturahmi, Bahas Rencana Kerja

Senin, 24 Juni 2019 10:07 WIB

Suara Purwokerto - Forum Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Banyumas MURUB Kabupaten Banyumas, mengadakan Silaturahmi, Evaluasi Kinerja, dan rencana kerja tindak lanjut Forum BUMDes di Bumi Tambangan desa Wlahar Weta Kecamatan Kalibagor,  Minggu (23/06/2019).

Hadir dalam acara tersebut Oentung Soegiarto (Kabid PED, SDA dan TTG Kabupaten Banyumas), TA Bidang Pemberdayaan, Ketua Forum Bumdes Banyumas, Pemdes Wlahar Wetan, dan Pengurus BUMDes se Kabupaten Banyumas. Acara yang di pelopori oleh Pendamping Desa di Kecamatan Kalibagor untuk Silaturahmi, Evaluasi Kinerja BUMDes yang ada di wilayah Kabupaten Banyumas.

Oentung Soegiarto (Kabid PED, SDA dan TTG Kabupaten Banyumas mengatakan Forum Bumdes yang dibentuk oleh Bumdes - bumdes Banyumas sebagai sarana komunikasi, silaturahmi, juga sarana saling tukar pengalaman berbagi dan sebagainya.  Sedangkan kami dengan adanya forum itu akan menjadi suatu wadah yang memudahkan kami dalam melakukan pembinaan.

“Dengan adanya Forum BUMDes bisa memudahkan kami untuk pembinaan, kalau sudah ada wadah akan lebih mudah. Dalam hal ini dinsos belum mengeluarkan Surat Keputusan dari Kepala Dinas bahwa ini ada Forum BUMDes, memang di Kabupaten sudah ada dibentuk ada yang belum”. Ujarnya.

Untuk Forum BUMDes  ini kata Oentoeng, dibentuk pada tahun 2016 yaitu hasil pelatihan BUMDes pertama, yang pertama ditunjuk Pak Jumeri sebagai ketua dan rekan-rekan yang lain untuk duduk menjadi pengurus BUMDes tahun. BUMDes dibentuk antar peserta pelatihan waktu itu diketahui Bapermas PKB.

Heru Tri Cahyono Tim Ahli Bidang Pemberdayaan Kabupaten Banyumas menyampaikan bahwa terkait dengan kegiatan Forum BUMDes DI Kabupaten Banyumas cukup berjalan dengan bagus apalagi dengan peningkatan jumlah desa yang sudah membuat BUMDes. Dari total 249 BUMDes per bulan Mei sebagian besar sudah masuk di Forum BUMDes, Karena Forum BUMDes ini merupakan wadah dan berhimpunnya BUMDes-BUMDes di Kabupaten Banyumas juga wadah berhimpunnya terkait wadah kegiatan-kegiatan positif BUMDes:.

“Terkait dengan proses pendampingan kami untuk mendorong mereka untuk melihat potensi-potensi yang ada di desanya masing-masing, sehingga apabila satu BUMDes dalam mengembangkan usahanya harus melihat potensi adat diri mereka sendiri, Bagaimana BUMDes bisa mengembangkan pasar sendiri baik itu produk-produk atau potensi yang mereka miliki”,ujar Heru

Jumeri Ketua BUMDes Banyumas Murub mengatakan  bahwa agenda ini merupakan ajang silaturahmi di antara pengurus BUMDes di Kabupaten Banyumas.  Selanjutnya merupakan Evaluasi kinerja Forum, kemanfaatan forum sendiri di anggota BUMDes mungkin belum begitu banyak tetapi paling tidak harapan kita kedepan Forum bisa lebih bermanfaat bisa bersinergi bisa memediasi antar BUMDes se Kabupaten Banyumas.

Dalam Forum apabila ada Permasalahan permasalahan setiap desa yang berbeda-beda sehingga dengan forum ini, maka bisa terselesaikan dengan pertemuan dan kegiatan bersama. Forum bertujuan  menyusun rencana kerja tindak lanjut untuk kegiatan forum terkait BUMDes di Banyumas. Permasalahan-permasalahan BUMDes akan terselesaikan sesama pengurus BUMDes dengan berkumpul untuk sharing atau tukar pikiran bersama-sama”.

“Forum Juga memfasilitasi atau membantu BUMDes di masing-masing desa terkait dengan pemetaan potensi desa. Karena belum tentu pengurus BUMDes di desanya sendiri bisa menggali potensi , karenaterkait sesuau hal yang mungkin mereka sudah nyaman dan sebagainya. Tapi dengan hadirnya orang lain hadirnya Forum berbagai macam tipikal desa maka bisa memberika solusi atau pencerahan kepada BUMDes tersebut didalam penggalian potensi desa” jelasnya.

Kegiatan Forum BUMDes Kabupaten Banyumas dilokasi yang merupakan unit kegiatan BUMDes yang ada di Desa Wlahar Wetan yaitu Wisata Tambangan. Wisata yang di kelola oleh BUMDes ini merupakan rintisan wisata yang ada di desa Wlahar Wetan Kecamatan Kalibagor.

Kegiatan Forum BUMDes akan terus ditindaklanjuti dan akan terus berjalan rutin mengadakan pertemuan, yang tempatnya akan berpindah-pindah dimana desa yang ada potensi yang di kelola oleh BUMDes.

Penulis: Manto

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 31aJ0MuO18PZM3MdYoDSu