Lingkar Banyumas

Pramuka Baturraden Tidak Berlibur Lebaran Demi Membantu Wisatawan

Jumat, 07 Juni 2019 05:29 WIB

Pramuka Baturraden Tidak Berlibur Lebaran Demi Membantu Wisatawan

Suara Purwokerto - Melihat kiprah anak anak Pramuka di Baturraden, layak diacungi jempol. Bagaimana tidak, pada lebaran kedua, sebagian warga sibuk mencari tempat wisata justru  mereka meluangkan waktunya untuk membantu wisatawan yang berkunjung di obyek wisata Baturaden Kamis (6/6/2019) di Posko Karya Bakti Lebaran.
Anak anak yang sebagian  masih sekolah di SMA/SMK begitu bersemangat membantu sesama, baik dalam keadaan suka dan duka. Mereka selalu siap siaga, untuk memberi pertolongan kepada wisatawan. Tidak hanya dalam membantu menyeberangkan jalan, memberi  panduan ke obyek wisata maupun melayani kesehatan ringan, bahkan ikut membantu  mobil yang mogok
"Dengan sigap mereka ikut mendorong mobil yang mogok ketempat yang aman agar tidak menimbulkan kemacetan," kata Begyo Setiawan salah satu Pembina
Menurutnya, anggota yang bertugas di Posko KBL selalu siap sedia, kapanpun untuk melalukan perkerjaan mulia membantu wisatawan. 
“Mereka tidak pernah mengeluh, apalagi berharap bayaran, karena setiap berangkat melakukan tugas mereka membekali diri, baik makanan maupun minuman sendiri” jelasnya. 
Walaupun terkadang dalam membantu memberi pertolongan ada sebagian yang tidak membawa perbekalan karena terburu-buru dan mangharuskan segera tiba dilokasi, tetapi karena niat mereka tulus,  ada yang memberi makanan maupun minuman. 
Anak-anak pramuka ini memang sedang mengamalkan dasa darma yang ke lima yaitu rela menolong dan tabah. Untuk menjadikan dirinya patriot yang sopan dan ksatria sesuai dasa darma ketiga, serta sesuai darma keenam yaitu rajin, terampil dan gembira.
Dengan bekal itu mereka ikhlas menjadi relawan. Tidak hanya memberi pertolongan, mereka juga dibekali ilmu untuk membuat suasana derita menjadi tawa. 
“Contoh saat para pengunjung sudah harus berjalan jauh, masih harus mengantre masuk lokasi, anak-anak pramuka ini tetap memberi motivasi dan menyapa ramah, yang akhirnya pengunjung tersenyum” tambah Begyo.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 31aJ0MuO18PZM3MdYoDSu