Lingkar Banyumas

32 Calon Peserta Jambore Daerah Ikuti Training Center

Selasa, 14 Mei 2019 13:51 WIB

32 Calon Peserta Jambore Daerah Ikuti Training Center

Suara Purwokerto Sebagai upaya persiapan mengikuti kegiatan Jambore Daerah (Jamda) XV di Bumi Perkemahan Mustika Desa Kunden Kecamatan Kota Blora, pada 26-31/8/2019, sebanyak 32 calon kontingen Kwarcab Banyumas sudah mulai menjalani training center (TC) Sabtu-Minggu (11-12/5/2019) di sanggarnya. TC perdana ini merupakan jadwal dari 20 TC yang direncanakan dan akan berlanjut secara berkala di berbagai tempat sampai menjelang pelaksanaan Jamda bulan Agustus nanti.

Sekretaris Bina Muda Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Banyumas, Wahyu Handoko mengatakan, calon kontingen merupakan hasil seleksi dari 160 pramuka penggalang dari 40 gugus depan SLTP/MTs se Kabupaten Banyumas. Penggalang garuda dan penggalang terap yang terpilih ini mempunyai ketrampilan ketrampilan tertentu, selain ketrampilan umum sebagai pramuka penggalang garuda dan terap.

"Jumlah peserta dari Kwarcab Banyumas pada kegiatan Jamda 2019 sebanyak 32 orang, 16 putra dan 16 putri," kata Kak Handoko.

Pada pelatihan perdana ini Kwarcab Banyumas menurunkan pelatih-pelatih terbaiknya antara lain kak Joko, kak Didit, kak Yudi, kak Rocmanto, kak Faiqoh dan kak Aniati dengan materi pertendaan, memasak, PUPK, tali temali , komunikasi, yel-yel dan hingga skill-skill untuk bertahan hidup, termasuk kemampuan untuk memasak.

“Kegiatan TC ini bertujuan meningkatkan kreativitas dan mematangkan kesiapan peserta, pendamping, maupun pembina yang akan berangkat,” tambah Kak Handoko

Selain melibatkan pelatih sendiri, menurut Handoko pihaknya juga akan menggandeng instruktur dari luar seperti dari Sekolah Polisi Negara dan istruktur lain yang dipandang perlu akan mendukung skill dari anak didik. Menurutnya dengan TC yang digelar, nantinya peserta akan lebih siap dalam mengikuti rangkaian kegiatan Jambore Daerah secara maksimal.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: gGD0ttnFvl5RuVvcC7qN4