Lingkar Banyumas

Hari Buruh, Ribuan Buruh di Banyumas Ikuti Senam Bersama

Rabu, 01 Mei 2019 22:10 WIB

Hari Buruh, Ribuan Buruh di Banyumas Ikuti Senam Bersama

Suara Purwokerto - Ribuan pekerja mengikuti senam bersama yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Dinnakerkop-UKM), bersama Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Banyumas Rabu (1/5) di halaman kantor Dinnakerkop-UKM. Acara dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kepala Dinas Tenaga Kerja Propinsi Jawa Tengah, Bupati Banyumas Ir Achmad Husein dan Forkompinda serta undangan lainnya
Pada kesempatan tersebut Gubernur menyerukan bahwa hari buruh international harus diperingati dengan suasana riang gembira.
"May Day, selayaknya sehari buruh menjadi raja. Peringatan kali ini sudah tahun ke 6 konsepnya adalah supaya lebih menyenangkan dengan cara senam bersama, panggung hiburan, bagi-bagi doorprize, dan potong tumpeng," ujar Gubernur Ganjar Pranowo.
Tripartit antara pemerintah, pengusaha dan pekerja  terlibat sebagai panitia itu dapat mengakrabkan relasi. Selain itu hubungan industrial antara buruh, pengusaha, dan pemerintah juga dapat lebih intens. 
"Dengan acara seperti itu diharapan akan membawa iklim bisnis yang lebih kondusif," katanya
Pada kesempatan yang sama, Ganjar menyinggung persoalan buruh di Jawa Tengah. Ganjar mengatakan jika pengelolaan persoalan buruh di Jawa Tengah sudah cukup baik. khususnya dari sisi regulasi, keselamatan kerja hingga jaminan tenaga kerja.
Sementara itu kepala Dinnakerkop-UKM Wisnu Hermawanto mengatakan rangkaian peringatan Hari Buruh 2019 di Kabupaten Banyumas telah dimulai sejak tanggal 23 April dengan menggelar kegiatan sarasehan tentang "May Day". Menurutnya "May Day" merupakan harinya para buruh dan pekerja,  serikat pekerja maupun serikat buruh mengusulkan untuk memperingatinya dengan menggelar lomba menyanyi yang diikuti oleh 50 orang.
"Seleksi lomba menyanyi sudah dilaksanakan pada tanggal 24-25 April untuk mencari enam finalis yang berhak mengikuti 'grand final' pada hari ini. Enam finalis ini terdiri atas tiga pria dan tiga wanita," ujarnya.
Menurut Wisnu, jumlah peserta senam yang  mencapai 4.000 an orang dari berbagai perusahaan di Kabupaten Banyumas.
"Dalam kegiatan senam bersama tersebut, akan diisi dengan pembagian 'doorprize' yang mencapai 3000an. Bahkan, ada pula hadiah langsung untuk seluruh peserta," katanya.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Kamis, 12 Desember 2019 18:58 WIB

Wakil Bupati Banyumas Resmikan Program RTLH

Sabtu, 07 Desember 2019 19:21 WIB

Bupati Banyumas Resmikan Pusat Daur Ulang Sampah

Jumat, 22 November 2019 08:18 WIB

BANYUMAS RAIH WTP KE-8

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 8nX9q6XEmiVu81vLSM2jq