Lingkar Banyumas

Kwarran Sumpiuh Seleksi Calon Pasukan Tunas Muda

Senin, 15 April 2019 22:27 WIB

Kwarran Sumpiuh Seleksi Calon Pasukan Tunas Muda

Suara Purwokerto - Dewan Kerja Ranting Sumpiuh menggelar seleksi Calon PasukanTunas Muda (CPTM) Kwarran Sumpiuh Minggu (14/04/2019) di sekitar Sanggar Pendopo Sumpiuh. Calon Pasukan Tunas Muda (CPTM) merupakan Angkatan 19. Mereka akan  bertugas pada Apel Besar Gerakan Pramuka dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pramuka ke -58 Tahun 2019.
Kegiatan dihadiri oleh Anru  Bina Muda Dwi Rachmawanto. Seleksi memilih 33 pramuka Penegak Bantara, yang berasal dari beberapa pangkalan antara lain
SMA Negeri 1 Sumpiuh, SMK Giripuro, MAN 3 Banyumas,  SMK Muhammadiyah, SMK YPE Sumpiuh, SMK Kesehatan Bhakti Husada, SMK Ma'arif, SMK Taman Siswa dan SMK Diponegoro. 
Menurut Dwi  Rachmawanto Pasukan Tunas Muda harus memiliki kedisiplinan yang harus tetap dijaga, agar kedepannya tetap kompak dalam melaksanakan tugas.
Materi seleksi yang dilaksanakan antara lain test kesehatan, tehnik kepramukaan dan pengetahuan umum (tes tertulis), lari 10 menit keliling lapangan, test fisik dan jasmani, dan lainnya. Persyaratan lain yang harus di penuhi antara lain untuk golongan penegak, bersedia memenuhi segala peraturan CPTM, tinggi maximal anggota putra 175 cm dan anggota putri max 168cm,  interview serta berbadan sehat jasmani.
Untuk memenuhi ketentuan diatas peserta di wajibkan mengikuti seleksi CPTM yang sudah disiapkan oleh penyelenggaraan di pendopo sumpiuh.
Praditya Suryadarma selaku ketua Sangga kerja mengatakan tujuan dari seleksi ini adalah menumbuhkan dan mempererat jiwa persaudaraan, meningkatkan jiwa patriotisme dan cinta tanah air, meningkatkan kualitas pramuka penegak sebagai peserta didik, pembangunan bangsa, dan mengamalkan tri satya dan dasa darma pramuka.


Penulis: Ridho Islami Achmadi

Editor: Parsito

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: ojW7TZxu2oaPSNik5ocTK