Lingkar Banyumas

Delegasi IAIN Ikuti Forum Ketua Dewan Racana PTK Se-Indonesia di Bandung

Jumat, 12 April 2019 20:37 WIB

Delegasi IAIN Ikuti Forum Ketua Dewan Racana PTK Se-Indonesia di Bandung

Suara Purwokerto - Racana IAIN Purwokerto mendelegasikan empat orang anggotanya pada penyelenggaraan Forum Ketua Dewan (FKD) Racana Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) se-Indonesia yang telah digelar oleh Racana Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung, dari tanggal 5 sampai 7 April 2019 di Hotel Kitri Bandung.
FKD merupakan ajang pertemuan para Ketua Dewan Racana sebagai program tindaklanjut forum Ketua Racana pada Perkemahan Wirakarya (PW) PTK di UIN Suska Pekanbaru Riau tahun 2018 lalu.
Ketua Dewan Racana IAIN Purwokerto, Farkhan Habibi menyampaikan, tujuan kegiatan Forum Ketua Dewan Racana sebagai pertemuan besar Pramuka Pandega Indonesia. Sarana silaturrahim antar Racana se-Indonesia yang berpangkalan di Perguruan Tinggi Keagamaan.
"Forum Ketua Dewan menjadi program kelanjutan dari penyelenggaraan PW PTK. Sebagai wadah evaluasi untuk perbaikan kegiatan PW secara konseptual,” kata Farhan di Sekretariat Sanggar Bakti Pramuka IAIN Purwokerto, Jum’at (12/4/2019).
Farhan menjelaskan, pengiriman perwakilan empat delegasi IAIN Purwokerto dapat ikut mewarnai forum Pramuka Pandega di kancah nasional. Keikutsertaan Anggota Racana Sunan Kalijaga dan Cut Nyak Dien memberikan pengalaman dalam pengelolaan kegiatan yang bertaraf nasional. Termasuk mengembangkan strategi pembinaan dan kegiatan dengan tetap mengacu pada pola dan mekanisme pembinaan Pramuka Pandega yang berlaku.
“Pengalaman mengikuti kegiatan nasional memberikan wawasan untuk pengembangan ke dalam Racana. Forum ini sekaligus sebagai ruang evaluasi dan pembenahan bagi penyelenggaraan PW PTK mendatang yang sesuai dengan pola dan mekanisme pembinaan Pramuka Pandega Indonesia,” pungkasnya.

Penulis: Musmualim Ma\'arif

Editor: Parsito

Berita Terkait

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved