Lingkar Banyumas

Bupati Banyumas Lantik 7 Camat Baru

Kamis, 11 April 2019 16:00 WIB

Bupati Banyumas Lantik 7 Camat Baru

Suara Purwokerto Bupati Banyumas Ir Acmad Husein melantik 7 orang camat baru dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan administrator di lingkungan Pemkab Banyumas. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut berlangsung Kamis (11/4/2019) di Pendopo Sipanji Purwokerto.

Tujuh camat yang dilantik tersebut adalah Drs Leonalto Adi Sasmita M.Si dilantik sebagai Camat Tambak, sebelumnya sebagai Kepala Bidang Sandi Teknologi Informasi dan Komunikasi Informatika pada Dinas Kominfo. Drs Kristanto M.Si dilantik sebagai Camat Kemranjen, sebelumnya bertugas sebagai Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Prrtidinan pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Kemudian, Wahyu Fibrianto, S.STP dilantik sebagai Kebasen, sebelumnya ia menjabat sebagai Kabid Pengembangan Kompetensi Pengendalian Mutu Diklat pada Badan Kepegawaian Diklat Daerah. Oka Yudhistira Pranayudha, S.STP, M.Si sebagai Camat Gumelar sebelumnya Sekretaris Camat Ajibarang dan Parsono, S.Sos M.Si sebagai Camat Pekeuncen sebelumnya menjabat Kepala Bidang Perpustakaan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah. Selanjutnya, Drs Rojingun M.Si dilantik sebagai Camat Lumbir sebelumnya Kepala Bidang Pasar pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Dra Ami Witasari menjadi Camat Kedungbanteng sebelumnya menjadi Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa

Kepala Badan Kepegawaian Diklat Daerah Drs Achmad Supartono M.Si mengatakan Camat baru dipilih berdasarkan hasil seleksi secara marathon secara cepat mulai seleksi administrasi yang dibuka sejak 26 maret sampai tanggal 9 April dari 28 peserta yang mengikuti seleksi, 23 dinyatakan memenuhi syarat dan 5 orang tidak memenuhi syarat. Kemudian pada Rabu (10/4) digelar test presentasi dan wawancara, langsung ditetapkan pengumumuman dan Kamis (11/4) diadakan pelantikan.

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein saat memberi sambutan, mengatakan bahwa Rabu malam dirinya mendapat kunjungan dari Sekda selaku Ketua Panitia Seleksi didampingi Asisten Administrasi dan Kepala BKDD untuk melaporkan hasil seleksi dan untuk memilih.

“Saya sangat percaya kepada Panitia Seleksi yang beranggotakan Sekda, Asmin, Kepala BKDD dan ditambah dua orang akademisi yang bergelar 2 profesor dan 2 doktor maka saya memilih dari urutan yang terbaik. Karena saya percaya pada Beliau Prof Dr Paulus Israwan Setyoko. M.S, Prof Dr Agus Suroso M.S, Dr Ali Rokhman, M.Si dan Dr Budiyono, SH, MH,” katanya.

Karena dipilih melalui proses yang ketat, dan banyak orang lain yang juga ingin menduduki jabatan tersebut, para Camat yang baru dilantik harus mensyukuri dengan wujud kerja nyata dan kerja keras. Untuk menjadi camat harus sudah berkompetisi berat, maka saat bekerjapun harus berkompetisi dalam kebaikan.

“Kalian masih muda, ibarat cikal kalian harus menjadi buah yang baik agar bisa dinikmati banyak orang,” katanya.

Bupati juga mengingatkan ada 3 PR utama yang harus segera dikerjakan, Yang pertama adalah “Kemiskinan”. Sebagai camat baru Bupati meminta untuk bisa mencari cara yang tepat untuk menurunkan angka kemiskinan secara tajam dan signifikan. Bukan dengan yang landai dan biasa biasa saja.

“Camat punya tanggung jawab untuk menurunkan angka kemiskinan. Segera gandeng Kepala Desa untuk membuat progran dengan tujuan penurunan angka kemiskinan,” pesan Bupati.

PR yang kedua menurut Bupati adalah “Sampah”. Camat harus segera mempunyai cara yang tepat dalam pengentasan dan pengelolaan sampah. Sampah harus selesai di desa dan kecamatan saja. Karena Banyumas sudah tidak mempunyai empat pembuangan akhir sampah. Masyarakat harus diajak untuk bersama memilah sampah dan menjadikan sampah organik menjadi pupuk.

“Kemudian PR ketiga adalah ikut bersama sama menekan angka kematian ibu mengandung dan melahirkan dan angka kematian anak baru lahir serta Stunting,” pungkas Bupati

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved