Lingkar Banyumas

Makorem 071/Wijayakusuma Gelar Pengobatan Gratis dan Pasar Murah

Kamis, 11 April 2019 08:43 WIB

Makorem 071/Wijayakusuma Gelar Pengobatan Gratis dan Pasar Murah

Suara Purwokerto - Makorem 071/Wijayakusuma pada Rabu (10/4/2019) diserbu ribuan warga masyarakat dari berbagai penjuru wilayah Banyumas. Mereka menyerbu Makorem 071/Wijayakusuma sedari pagi, berduyun-duyun ada yang berjalan kaki, bersepeda roda dua dan ada pula secara rombongan mereka menumpang kendaraan truk maupun pick up baik kendaraan umum maupun kendaraan TNI dari Makorem 071/Wijayakusuma maupun Kodim Banyumas, Purbalingga dan Banjarnegara. Kedatangan mereka tak lain untuk menghadiri kegiatan Bakti Sosial Korem 071/Wijayakusuma  berupa pengobatan gratis dan pasar murah. 
Hal tersebut dijelaskan Kasiterrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Sapto Broto, S.E., di sela-sela kegiatan Bakti Sosial di lapangan upacara Makorem 071/Wijayakusuma, Rabu (10/4/2019). Dijelaskan, kegiatan Bakti Sosial Korem 071/Wijayakusuma ini juga di dilaksanakan secara serentak di korem korem seluruh jajaran TNI AD.
“Kegiatan ini merupakan  rangkaian dari kegiatan HUT ke 73 Persit Kartika Chandra Kirana dan HUT Ke-21 Kementrian BUMN tahun 2019, sehingga kegiatan ini digelar secara bersama antara Korem 071/Wijayakusuma bersama Kementerian BUMN Pegadaian Cabang Purwokerto", terang Kasiterrem 071/Wijayakusuma.
Sementara itu, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., saat membuka kegiatan Baksos, bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Ny. Anita Dani Wardhana  memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada penyelenggara termasuk pihak Kementrian BUMN RI dalam hal ini Pegadaian Purwokerto serta masyarakat yang turut hadir meramaikan kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis dan Pasar Murah peringatan HUT Persit dan Kementrian BUMN RI tersebut.
"Selaku Komandan Korem 071/ Wijayakusuma dan sekaligus Pembina Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro mengucapkan banyak terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini, mudah-mudahan apa yang telah kita laksanakan bersama ini dapat membantu masyarakat", ungkapnya. 
Dikatakan Danrem, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada kegiatan bhakti sosial kali ini, berupa pasar murah dan pengobatan umum secara gratis yaitu berupa pemeriksaan gigi, pemeriksaan mata, gula darah, tensi, kolesterol dan screaning TBC serta olahraga bersama masyarakat.
"Bhakti sosial ini terselenggara tentunya atas kerjasama antara Korem 071 /Wijayakusuma, Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071  PD IV/Diponegoro  dan PT.Pegadaian (Persero)", jelasnya. 
"Saya berharap, momentum ini dapat menjadikan sebagai motivasi untuk menumbuh kembangkan semangat dalam berkarya dan berbuat yang terbaik bagi warga masyarakat", jelasnya. 
"Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini dapat terus ditindaklanjuti secara berkesinambungan dalam event-event lainnya yang menyentuh kepada kepentingan warga masyarakat sebagai wujud tanggung jawab dan pencerminan kita semua dalam mengamalkan nilai-nilai sosial sekaligus sebagai upaya mewujudkan kemanunggalan TNI - Rakyat", harapnya. 
Mulyono, Pimpinan PT.Pengadaian (Persero) Pengadaian Wilayah 11 Semarang, dalam sambutannya menyampaikan Selamat HUT Persit ke-73 semoga Persit kedepanya lebih berjaya dan maju dalam menyukseskan tugas pokok TNI.
Dikatakan, bersyukur sekali pada tanggal 13 April adalah HUT BUMN yang ke 21, dan tanggal 10 April adalah HUT Persit ke 73, dan tanggal 1 April adalah HUT Pengadaian. Karena HUT Persit, BUMN dan Pengadaian jatuh di bulan April ini, sehingga kita bekerjasama untuk melakukan kegiatan bhakti sosial guna membantu masyarakat.
"Pengadaaian di beri tugas oleh kementrian CRS yang merupakan tanggung jawab sosial dalam mensejahterakan masyarakat bawah, untuk bersama-sama dengan instansi lainnya seperti TNI/Polri, untuk melakukan kegiatan bhakti sosial", terangnya. 
"Garda terdepan bangsa adalah TNI dalam menjaga keutuhan NKRI, dengan prinsipnya NKRI Harga Mati, disamping melaksanakan tugas pokoknya TNI juga banyak melakukan kegiatan-kegiatan sosial langsung kepada warga masyarakat", tegasnya. 
Dikatakan Kepala Pegadaian Purwokerto, ada 3 program CSR yang dilakukan yaitu, bersih-bersih lingkungan, bersih-bersih hati (contoh kegiatannya bersih-bersih tempat ibadah dll), dan bersih-bersih administrasi.
"Dari 3 (tiga) program diatas sekarang ada program yang diprioritaskan yaitu program sampah kita ubah menjadi emas. Dan, kita sudah sering sekali melaksanakan kegiatan bagi-bagi sembako kepada masyarakat. Untuk itu harapanya yang menerima bantuan agar di syukuri, ini sebagai bentuk bahwa TNI lebih dekat dengan masyarakat disamping melaksanakan tugas pokok TNI", ungkapnya. 
Sementara itu warga Sokaraja yang hadir dalam acara tersebut mengungkapkan rasa senang dan mengucapkan terimakasih kepada Danrem 071/Wijayakusuma atas pengobatan gratis dan sembako murah yang dilaksanakan seperti saat ini. 
"Saya datang bersama keluarga dan rombongan untuk melakukan pengecekan kesehatan sekaligus untuk membeli Sembako murah. Jadi pengobatan dapat, sembako juga dapat," terangnya.
Demikian juga dg warga Pajerukan Kecamatan Kalibagor, Banyumas, mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan Bakti Sosial yang menurut mereka sangat bermanfaat bagi mereka, khususnya warga tidak mampu. 
Bahkan ada warga masyarakat yang usianya saat ini 70 tahun atas nama mbah Ahmad ingin agar kegiatan pengobatan gratis dan pasar murah tersebut dilaksanakan secara rutin sekali atau dua kali dalam setahun.
"Setelah melakukan pengecekan tensi, saya dinyatakan hiper tensi dan diberikan resep untuk pengambilan obat," katanya. 
Sebelum melaksanakan pengobatan gratis dan sembako murah, masyarakat diajak untuk bermain tarik tambang guna menjaga kebugaran tubuh, hiburan dan juga sebagai wahana memperkokoh persatuan dan kesatuan serta kemanunggalan TNI-Rakyat.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 8nX9q6XEmiVu81vLSM2jq