Lingkar Banyumas

Dinas Arpusda Gelar Lomba Bercerita dan Penulisan Artikel Ilmiah

Senin, 01 April 2019 16:41 WIB

Dinas Arpusda Gelar Lomba Bercerita dan Penulisan Artikel Ilmiah

Suara Purwokerto - Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Banyumas menggelar lomba bercerita tingkat SD/MI dan lomba penulisan artikel ilmiah populer tahun 2019, Senin-Selasa (1-2/4/2019) di halaman kantornya. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Wahyu Budi Saptono. Peserta lomba bercerita diikuti sebanyak 14 siswa yang mewakili kecamatan dan lomba penulisan artikel ilmiah diikuti 17 peserta.
Dalam sambutanya Sekda mengatakan membaca merupakan salah satu hobi terbaik bagi seseorang yang ingin berkembang. Banyak orang sukses dan cerdas karena kecintaannya membaca. Dengan banyak membaca, selain akan bertambah wawasan, ilmu dan pengetahuannya, juga akan terasah kecerdasannya, meningkatnya kosakata, konsentrasi, dan daya ingatnya, menenangkan pikiran, dan masih banyak lagi manfaat lain dari membaca. 
“Membaca yang dilakukan secara berkelanjutan akan membentuk karakter seseorang. Oleh karenanya, kita harus terus berupaya mendorong serta membimbing generasi muda kita, terutama para pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Banyumas untuk membudayakan kegiatan literasi, yaitu gerakan membaca dan menulis, guna mendukung percepatan menuju Banyumas Berbudaya Literasi,” kata Wahyu.
Wahyu menambahkan dengan gemar membaca, dan tentunya dari bahan bacaan yang baik dan bermutu, yang salah satunya bisa didapatkan di perpustakaan. Untuk itu ia mengajak masyarakat dapat memanfaatkan Perpustakaan Daerah, karena selain bisa berfungsi edukatif, informatif, administratif, rekreatif dan penelitian, ada banyak manfaat lainnya dapat kita peroleh melalui perpustakaan. 
“Dengan kenyataan seperti itu, maka tidak salah apabila ada yang mengatakan bahwa perpustakaan bisa menjadi sarana untuk menciptakan masyarakat terpelajar dan terdidik, terbiasa membaca, berbudaya tinggi, serta mendorong terciptanya kegiatan belajar seumur hidup,” tambahnya. 
Kepala Bidang Perpustakaan pada Arpusda, Parsono mengatakan lomba bercerita SD/MI Tingkat Kabupaten Banyumas ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan gemar membaca dan menulis dikalangan masyarakat dan sebagai sarana pembelajaran siswa dalam rangka menuangkan ide gagasan kreatif dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia. 
"Kami mengadakan Lomba Bercerita SD/MI Tingkat Kabupaten Banyumas ini untuk menumbuhkembangkan minat baca siswa menuju Banyumas Berbudaya Literasi " katanya disela acara lomba bercerita 
Menurut Parsono lomba bercerita tingkat Kabupaten ini, dilakukankan secara berjenjang dimulai dari tingkat kecamatan untuk menentukan perwakilan yang maju di tingkat kabupaten.
"Para siswa yang berhasil maju di tingkat kabupaten ini, merupakan yang terbaik dari perwakilan daerah kecamatannya," katanya.
Persono menambahkan peserta lomba bercerita tersebut juga mendapat manfaat sebagai media menanamkan cinta kebudayaan bangsa, membangun pendidikan karakter, meningkatkan kecerdasan, inovasi serta daya kompetitif bangsa.
"Para siswa yang berhasil merebut juara 1, nanti berhak mewakili Kabupaten Banyumas maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 8 April 2019 mendatang. Dan, jika berhasil menjadi juara 1, maka akan maju ke tingkat nasional," katanya.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved