Lingkar Banyumas

Wabup Sadewo Terima Audiensi Rohis SMAN 2 Purwokerto

Senin, 04 Maret 2019 15:28 WIB

Wabup Sadewo Terima Audiensi Rohis SMAN 2 Purwokerto

Suara Purwokerto - Wakil Bupati Banyumas Drs Sadewo Tri Lastiono menerima 44 siswa yang menjadi Pengurus Rohani Islam (Rohis) SMA Negeri 2 Purwokerto Senin (4/3/2019) di Graha Satria Purwokerto. Kehadhiran pengurus rohis ini diterima Wabup yang didampingi oleh Kabag Humas Joko Wiyono, juga alumni SMA 2 yang menjadi Ketua PWI Sigit Oerdiarto dan seorang pengusaha Panut Margono.

Ketua Rohis SMA N 2 Ahda Fahmi Hasyim mengatakan pihaknya sengaja ingin beraudiensi dengan Wakil Bupati Banyumas mengingat ia adalah alumni. Selain ingin bersilaturahmi juga ingin menimba ilmu dengan para alumni yang sudah sukses.

“Kami juga meminta berbagai wejangan dan bebagai ilmu untuk menjalani kehidupan selanjutnya baik sebagai siswa maupun masyarakat Indonesia,” katanya

Pada kesempatan ini para pelajar islam ini bertanya berbagai hal mulai dari cara mempimpin, cara menangani masalah dan lain sebagainya.

Wakil Bupati mengingatkan meski berkecimpung dalam organisasi yang berbasiskan agama islam, agar anak anak tetap menghargai keberagaman. Tetap menghormati perbedaan, karena dalam agama yang sama pun saat ini muncul saling mencela.

“Untuk itu saya meminta kalian, waspada terhadap gerakan yang mengaku “Islam garis keras” yang ingin mengadu domba bangsa Indonesia. Bukan hanya yang bebrbeda keyakinan saja, tetapi juga yang seagama tetapi beda organisasi pun diadu. Dan itu sudah ditengarai masuk berbagai lembaga termasuk sekolah,” pesan Wabup.

Saat ditanya soal cara kepemimpinan, Sadewo dengan tegas mengatakan pemimpin harus berani mengambil resiko, karena tidak semua keputusan dapat memuaskan semua orang.

“Asal keputusan yang saya ambil tidak bertentangan dengan agama dan peraturan yang lebih tinggi, kami siap mengambil risiko mesti ada beberapa orang yang tidak setuju, tetapi secara umum keputusan itu bisa diterima,” katanya.

Secara spontan Wabup meminta 2 siswa maju kedepan untuk mengucapkan Ikrar Sumpah Pemuda. Meski agak grogi kedua anggota Rohis itu dapat mengucapkan secara baik. Karena dinilai bisa, maka spontan Wabup memberi hadiah satu juta rupiah untuk organisasi Rohis SMA N 2 Purwokerto.

“Masa depan bangsa ini terletak di tangan kalian semua, terus tumbuhkanlah dengan semangat kebangsaan, berintegritas dan cinta terhadap nusa dan bangsa. Jadilah siswa yang berprestasi bukan hanya dari sisi intektual tapi juga yang bermoral. Kami butuh kalian untuk terus membangun Banyumas,” tegas Wabup.

Sementara itu Sigit Oediarto saat ditanya tentang berita yang simpang siur saat ini, berpesan agar para siswa dapat menghindarii maraknya berita hoax. Dan menjadikan Genarasi Rohis yang memiliki jati diri dan tidak mudah terpancing berita hoax, apalagi iku menjadi penyebar Hoax.

“Kalian harus menjadi generasi yang tetap membanggakan sebagai keluarga besar SMA Negeri 2 Purwokerto. Karena sudah banyak alumni yang sukses dan ingin SMA kita  terus menjadi kebanggaan dan nyaman untuk semua orang,” katanya

Sementara itu Panut Margono lebih menekankan pada hijrah. Dia mengaku saat sekolah bukan menjadi siswa yang baik, tetapi masih lumrah. Maka dia berpesan harus bisa menahan saat akan melakukan hal yang tidak baik, sehingga bisa terhindar dari perbuatan buruk.

“Mumpung masih muda, tetaplah dalam jalan kebaikan untuk masa depan yang baik,” katanya

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: ojW7TZxu2oaPSNik5ocTK