Lingkar Banyumas

PMR SMK Citra Bangsa Mandiri Bantu PSN di Tanjung

Minggu, 03 Maret 2019 16:20 WIB

PMR SMK Citra Bangsa Mandiri Bantu PSN di Tanjung

Suara Purwokerto - Palang Merah Remaja (PMR) Wira SMK Citra Bangsa Mandiri Purwokerto, bersama relawan lainnya melakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) Minggu (3/3) di Kelurahan Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan. Mereka bersama dengan relawan PMI, Puskesmas Purwokerto Selatan, perangkat kelurahan, kader kesehatan, kader jumantik dan lainnya.

Turut hadir Kepala Puskesmas Purwokerto Selatan dr. Meta Saraswati, pengurus PMI,  pejabat kelurahan Mas Endarto dan lainnya

Pembina PMR SMK CBM Saefudin mengatakan 10 anggota PMR wira turun mengikuti kegiatan PSN kali ini.

"Hal itu dilakukan untuk menekan berkembangnya nyamuk aides aigepty yang saat ini merebak di Kabupaten Banyumas dan menyebabkan penyakit demam berdarah," katanya

Kegiatan diawali dengan apel untuk pembagian tugas yang dilaksanakan di Pendopo Kelurahan Tanjung. Apel dipimpin oleh Kepala Kelurahan Tanjung Mas Endarto. Kemudian para relawan menyebar melakukan  pemantauan jentik jentik dibeberapa rumah warga.

Mas Endarto mengatakan kegiatan PSN harus dilakukan secara rutin minimal setiap minggu sekali, guna pencegahan terhadap perkembangan nyamuk penyebab demam berdarah.

"Warga seharusnya mempunyai kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan rumahnya sendiri.Tidak selalunya PSN dilakukan oleh rekawan dan kader jumantik. Karena banyaknya RT ditiap tiap RW di kelurahan Tanjung, mengingat tenaga kader jumantik masih sedikit," katanya.

Lusiana Agustin salah satu anggota PMR SMK CBM mengatakan dari hasil pemantauan dia bersama temannya masih nenemukan ada rumah warga yang kurang bersih sehingga disana banyak terdapat sarang nyamuk, namun banyak juga warga Kelurahan Tanjung yang sudah sadar akan kebersihan lingkungan.

"Hasilnya kami laporkan agar ada tindak lanjut," katanya

Lusiana Agustin mengaku bangga bisa mengikuti kegiatan PSN Ini, menurutnya selain menambah pengalaman juga mendapat banyak ilmu tentang bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan dari para relawan terutama dari Puskesmas.

Penulis: Zahrotun Nisa

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: ojW7TZxu2oaPSNik5ocTK