Lingkar Banyumas

Puan dan Ganjar Cuci Muka dan Minum Air Sumur Mas

Senin, 11 Februari 2019 16:01 WIB

Puan dan Ganjar Cuci Muka dan Minum Air Sumur Mas

Suara Purwokerto - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo diajak oleh Bupati Banyumas Achmad Husein untuk mengambil air dari Sumur Emas, Minggu (10/2/2019). Menurut Bupati sumur itu dipercaya keramat dan merupakan peninggalan para Wali.

“Masyarakat percaya, bahwa air yang berasal dari sumur itu memiliki banyak khasiat, seperti membuat awet muda dan dapat pula mengabulkan permintaan orang yang meminumnya,” jelas Bupati.

Puan dan Ganjar kemudian bergantian mengambil air dari sumur itu. Tanpa ragu, Ganjar langsung meminum air sumur yang diambil menggunakan batok kelapa itu dan menggunakannya untuk cuci muka.

Seperti penasaran, Ganjar menanyakan apakah khasiat dari sumur tersebut kepada Bupati Banyumas. "Sing jelas gawe seger, ngelake ilang (yang jelas bikin segar, hausnya hilang)," katanya.

Pada kesempatan ini Gubenur Ganjar Pranowo menggunakan beskap warna hitam dan berblangkon, sementara, Menko Puan mengenakan kebaya berwarna merah. Keduanya berjalan beriringan didampingi Bupati Banyumas Achmad Husain beserta Ny Erna Husein dan Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono berserta beserta istri serta sejumlah tokoh.

Kedua tokoh tersebut hadir di Banyumas ikut menyaksikan prosesi kirab budaya yaitu Boyongan Saka Sipanji. Kegiatan tersebut menggambarkan peristiwa pemindahan pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas, yang semula di Banyumas dan pindah ke Purwokerto pada masa Pemerintahan Adipati Arya Sudjiman Gandasubrata (Bupati ke-20).

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved