Lingkar Banyumas

Menteri Puan Maharani, Serahkan Bansos di Banyumas

Sabtu, 09 Februari 2019 22:31 WIB

Menteri Puan Maharani, Serahkan Bansos di Banyumas

Suara Purwokerto - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, menyerahkan dan memantau bantuan sosial  (Bansos) di Banyumas Jawa Tengah Sabtu (9/2/2019) sore di Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas.

Puanmengatakan dari pantuannya, Bansos di Banyumas yang berasal dari sejumlah Kementrian yang berada di kordinasinya sudah berjalan cukup baik. Sehingga masyarakat mengaku senang dengan upaya yang dilakukan oleh Pemerintahannya, dalam penanganan kemiskinan.

"Bansos juga sebagai upaya, untuk memberikan kesempatan lebih luas bagi anak dari keluarga kurang mampu bersekolah," katanya

Puan mengaku mulai tahun 2019 ini, Bansos yang diberikan oleh Pemerintah melalui berbagai Kementrian saat ini lebih baik bila dibandingkan sebelumnya. Diantaranya penerima sudah tepat sasaran, namun diakuinya masih ada kesulitan, mengenai data penerima yang berhak. Sehingga pihaknya terus melakukan kerjasama dengan Pemerintah daerah, untuk memperbaiki data setiap tiga bulan sekali.

"Pemerintah terus menambah jumlah penerima pada tahun ini,  seperti Bantuan Program Pangan Non Tunai (BPNT) dari 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM ) menjadi 15,5 juta. Kartu Indonesia Pintar dari 17, 8 juta, menjadi 19,7 juta penerima," terangnya

Puan datang ke Banyumas untuk memantau, bagaimana pelaksanana distribusi Bansos yang berada di bawah kementrian yang diampunya. Terbukti sudah berjalan baik di Banyumas, dengan sampling bertanya kepada penerima.

"Ternyata mereka menerima sesuai aturan dan ketentuan yang ada," kata Puan Maharani.

Selainmelakukan pemantuan program Bansos di Pendopo Bupati Banyumas, dengan cara mengecek langsung kepada masyarakat yang hadir. Puan Maharani juga memberikan bantuan secara simbolis kepada penerima manfaat. Diantaranya bantuan traktor sebanyak lima unit, bibit tanaman sebanyak 1.500 pohon, bantuan modal bagi lima  BUMDes masing- masing sebanyak Rp50 juta.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved