Lingkar Banyumas

Puskesmas 1 Cilongok Gelar Pelatihan Dokter Kecil

Kamis, 07 Februari 2019 20:28 WIB

Puskesmas 1 Cilongok Gelar Pelatihan Dokter Kecil

Suara Purwokerto - Untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam program Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Puskesmas 1 Cilongok menggelar Pelatihan Dokter Kecil pada Rabu-Kamis (6-7/2) pukul 08.00 sampai selesai di Aula Puskesmas 1 Cilongok. Kegiatan tersebut diikuti 80 siswa dari 16 SD/MI wilayah kerja Puskesmas I Cilongok.
Kepala Puskesmas 1 Cilongok yang juga penanggungjawab kegiatan dr Teguh Ariyanto MPH didampingi Damela Putri Inam Kusumaningrum AMKG menjelaskan, pelatihan Dokter Kecil merupakan bagian dari program UKS yang dilakukan bekerjasama dengan SD/MI di wilayah kerja Puskesmas I Cilongok.
"Tiap sekolah SD/MI mengirimkan 5 anak sebagai perwakilan. Tujuannya adalah agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, di rumah dan di lingkungannya. Selain itu siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat,"jelas dr Teguh.
Dengan tujuan kegiatan tersebut, dr Teguh menjelaskan, bahwa acara yang digelar sejalan dengan Visi Puskesmas I Cilongok yaitu Menuju kecamatan sehat melalui pelayanan kesehatan dasar yang prima dan pendidikan masyarakat.
"Saya mengucapkan selamat datang di Puskesmas 1 Cilongok dan diharapkan peserta dapat mengikuti kegiatan serta mengambil manfaat atau ilmu yang didapat untuk bisa disampaikan ke teman, saudara sampai keluarga," katanya
Sebelum materi dimulai, peserta mengerjakan soal pre test untuk mengetahui kemampuan awal siswa mengenai materi yang akan di sampaikan.
Sementara untuk materi yang disampaikan pada hari pertama adalah Personal Higiene oleh dr. Nanda Dwi Maharani, Kesehatan Mata, Telinga dan Hidung oleh dr. Ligar Hervianto, Obat-obatan sederhana oleh petugas Apoteker yaitu Sri Sukesih S Farm Apt, Gizi Seimbang, Kantin sehat dan Stunting oleh Desti Novita Sari AMG, kemudian PHBS, CTPS dan PSN oleh Nining Ustiani SKM serta Dokter Kecil dan UKS oleh Damela Putri I. K AMKG
Sementara untuk materi hari kedua sampai 7 materi yaitu materi kesehatan mandiri oleh dr. Rizka, materi penyakit menular dan tidak menular serta cara pencegahannya oleh dr. Prayogo, Materi NAPZA dan bahaya rokok oleh dr. Anindya, Imunisasi oleh Yuniati Amd Keb, Kesehatan Lingkungan oleh Sri Marheni Amd KL, Materi P3K oleh Nur Afandi S Kep Ners dan Materi Kesehatan Gigi dan Mulut oleh drg. Dini Kartikasari.
Kegiatan berjalan lancar dan sukses juga peningkatan kemampuan pemahaman kesehatan anak semakin baik. 


Penulis: Agus Munandar

Editor: Parsito

Berita Terkait

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 8nX9q6XEmiVu81vLSM2jq