Lingkar Banyumas

Pramuka SMK Taruna Bakti Baturaden Gelar PSN

Sabtu, 05 Januari 2019 15:23 WIB

Pramuka SMK Taruna Bakti Baturaden Gelar PSN

Suara Purwokerto - Dewan Ambalan Abimanyu dan Dewi Sri Gugus Depan (Gudep) 04.3573-3574 pangkalan SMK Taruna Bakti Baturraden menggelar aksi pemberantasan sarang nyamuk (PSN) Sabtu (5/1/2019) di RT 02 dan 3 RW 5 Grumbul Sidaluhur Desa Rempoah Kecamatan Baturraden Banyumas. Kegiatan dilaksanakan untuk mengantisipasi berkembangnya nyamuk Aedes aegypti sumber penyakit demam berdarah.
Kepala sekolah Wiwit Cahyani, SE selaku ketua majelis pembimbing gugus depan (Mabigus) mengatakan Grumbul Sidaluhur Desa Rempoah merupakan daerah endemik demam berdarah. Untuk mengantisipasi pihaknya bersama dewan ambalan melakukan aksi PSN dan sosialisasi kepada masyarakat.
"Beberapa tahun yang lalu banyak warga disini yang terkena demam berdarah, maka kegiatan ini sebagai peringatan agar warga selalu waspada kemungkinan wabah demam berdarah sehingga dengan sukarela secara rutin melakukan PSN," katanya.
Sementara Pembina putri Wilda Pranitasari, SE mengatakan PSN menerjunkan 17 dewan ambalan untuk membersihkan area-area yang dinilai sebagai tempat sarang nyamuk.
"Jadi langkah ini kita lakukan untuk mengantisipasi terjadinya demam berdarah khususnya warga Grumbul Bulujangkar, terlebih saat ini masuk musim penghujan, di mana genang-genang air ini biasanya menjadi sarang jentik-jentik nyamuk, tadi anak anak juga langsung membersihkan area-area yang rawan sebagai tempat jentik nyamuk," katanya.
Wilda berpesan kepada anak anak untuk mengingatkan warga untuk melaksanakan 4 M artinya menutup tempat penampungan air, menguras tempat penampungan air secara rutin minimal seminggu sekali, mengubur tempat penampungan air yang tidak terpakai, dan memantau jentik nyamuk seminggu sekali. Kegiatan pemberantasan sarang nyamuk ini paling efektif untuk memutus mata rantai penyebaran nyamuk.
"Selain kegiatan seperti ini, tentu kami berpesan kepada masyarakat agar sadar lingkungan, lingkungan bersih pasti akan memutus mata rantai, mengingat desa sebelah Pandak sedang merebak wabah demam berdarah" ujarnya.
Begyo Setiawan

Penulis: Begyo Setiawan

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: hLITeg2Y1ugtqgMvCw97z