Lingkar Banyumas

Korem 071/Wk Bekali Bela Negara Calon Pendidik

Senin, 17 Desember 2018 17:40 WIB

Korem 071/Wk Bekali Bela Negara Calon Pendidik

Suara Purwokerto - Korem 071/Wk memberikan pembekalan bela negara kepada 48 orang calon pendidik. Pemberian bela negara dilakukan sejak hari Minggu (16/12) sampai dengan hari Selasa (18/12) di kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Dukuh Waluh, Purwokerto. 
Perwira Seksi Perlawanan Wilayah (Pasi Wanwil) Siterrem  071/Wk Mayor Inf Amir Maruf, S.Pd. mengatakan, kegiatan pemberian materi bela negara dan wawasan kebangsaan diberikan kepada calon pendidik, agar nantinya ketika sudah terjun menjadi pendidik, mereka dapat menularkan kepada anak didiknya.
"Media paling sesuai untuk menanamkan rasa cinta tanah air adalah pada anak usia dini, karena anak usia dini mudah menangkap materinya terutama pada usia 0-7 tahun. Sehingga, akan betul-betul tertanam di benaknya rasa cinta terhadap tanah air, dan mudah-mudahan berprestasi mengharumkan nama bangsa dan negaranya," tuturnya ditemui di lokasi pelatihan, Senin (17/12/2018).
Ia mengatakan dalam kegiatan tersebut para calon pendidik itu mendapatkan materi berupa wawasan kebangsaan, pembangunan karakter bangsa, bela negara, kepemimpinan, baris-berbaris, dan outbound. Bukan itu saja, dalam kegiatan itu Pasi Wanwil Korem 071/Wk Mayor Inf Amir Maruf juga membagikan buku kepada para peserta.
Wakil Dekan I FKIP UMP Drs. Pamujo,M.M, M.Pd.. mengatakan, pelatihan bela negara merupakan salah satu karakter dari empat karakter di PPG UMP yang diajarkan kepada mahasiswa. Sudah dua kali ini, pelatihan bela negara digelar bekerjasama dengan Korem 071/Wk.
"Peserta pelatihan ada 48 orang, mereka merupakan lulusan berbagai perguruan tinggi seperti UNY, UAD, Universitas Sanata Dharma, UMS, IKIPBandung, dan perguruan tinggi lain," ucapnya. 
Dikatakan, UMP pada tahun 2018 juga diberi amanat sebagai penyelenggara PPG bersubsidi, oleh Kementerian Riset Dikti. Di Jateng, lanjutnya hanya ada 6 Perguruan tinggi yang menyelenggarakan PPG, dan di Indonesia hanya ada 45 perguruan tinggi.
Humas Korem 071/Wijayakusuma

Penulis: Humas Korem 071/Wijayakusuma

Editor: Parsito

Berita Terkait

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: hLITeg2Y1ugtqgMvCw97z