Lingkar Banyumas

Biketourrundance Harus Dapat Dukungan Publik

Kamis, 29 November 2018 16.13

Biketourrundance Harus Dapat Dukungan Publik

Suara Purwokerto - Pemerintah Kabupaten Banyumas mencoba untuk melibatkan semua pihak untuk mendukung agenda Biketourrundance. Sebab, agenda pariwisata-olahraga yang mengusul tema Spirit of Slamet ini dipercaya mampu menjadi pemantik gairah pariwisata di lereng selatan Gunung Slamet.
“Jadi Biketourrundance itu agenda besar yang harus mendapat dukungan semua pihak. Tidak hanya dinas pariwisata (Dinporabudpar, red) saja yang memberikan dukungan. Tapi, semua stakeholder di Banyumas,” kata Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein saat bertemu dengan sejumlah pimpinan BUMN di Banyumas, Rabu (28/11) kemarin.
Menurutnya, Biketourrundance akan menjadi kepentingan seluruh perusahaan di Banyumas, baik BUMN maupun swasta. Sebab, Pariwisata merupakan salah satu potensi besar yang dimiliki Kabupaten Banyumas. Namun, selama ini potensi ini belum digarap dengan optimal. Jika pengelolaan pariwisata ini bisa digenjot dengan cara yang tepat, bukan tidak mungkin Banyumas akan berkembang dengan kecepatan yang lebih tinggi.
Ia mengatakan, pariwisata memiliki efek domino yang banyak. Pertumbuhan pariwisata akan meningkatkan jumlah perputaran uang di Banyumas pula. Dengan demikian, BUMN serta perusahaan swasta akan diuntungkan jika cita-cita besar Spirit of Slamet tercapai.
“Harus disadari, ini merupakan kepentingan bersama. Sebuah program yang akan menguntungkan semua pihak. Jadi, saya minta teman-teman BUMN ini mendukung even yang rencananya akan digelar tahunan ini,” ujar Husein.
Sementara itu, di tempat yang sama, Koordinator Biketourrundance, Guno Purtopo mengaku optimistis agenda multieven tersebut dapat terlaksana dengan baik apabila mendapatkan dukungan seluruh stakeholder di Banyumas. “Dengan dukungan BUMN dan masyarakat, even ini akan lebih mudah mencapai kesuksesan,” ujar dia.
Sementara itu, Prayitno yang menjadi Ketua Panitia Biketourrundance memberikan penjelasan terkait even yang akan digelarnya. Biketourrundance merupakan penggabungan empat even besar. Yakni, run (lari), bike (sepeda), tour (tur dengan mobil tua dan offroad), serta dance (tari).
“Semua even ini akan dipusatkan di kompleks pariwisata Baturraden. Rute juga disusun sedemikian rupa dan melewati desa-desa wisata di kawasan lereng selatan Slamet. Jadi, sembari berolahraga, kita pamerkan juga potensi yang dimiliki desa-desa di Banyumas,” kata dia.
Beberapa pimpinan BUMN dan BUMD yang ada di Banyumas, seperti BRI, PT KAI, BPR BKK, Bank Jateng, dan beberapa perusahaan lain mengaku akan berusaha untuk mendorong suksesnya agenda ini. Untuk sementara, mereka akan menjalin komunikasi dengan pihak penyelenggara terkait detil acara.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX