Lingkar Banyumas

SDN 3 Pasinggangan Berwisata Edukasi ke Kampung Mino

Selasa, 27 November 2018 21:28 WIB

SDN 3 Pasinggangan Berwisata Edukasi ke Kampung Mino

Suara Purwokerto - Siswa-siswi kelas VI SDN 3 Pasinggangan Kecamatan Banyumas mengadakan wisata edukasi ke kampung mino Selasa (27/11) di  RT 03 RW 04 Desa Pakunden Kecamatan Banyumas. Kunjungan bertujuan untuk mengenalkan salah satu makanan  tradisional khas Banyumas yaitu mino.
Atun Flurrianti, S.Pd, wali kelas VI mengatakan wisata edukasi untuk memperkenalkan siswa makanan Mino itu khas Banyumas, sekaligus siswa memahami proses pembuatannya. Anak-anak pasti sudah sering makan kue mino tapi belum pernah melihat proses pembuatannya.
"Mino sebagai salah satu makanan khas Banyumas dan proses pembuatannya termasuk salah satu materi dalam pelajaran Budaya Banyumas. Sehingga kunjungan ini tentu menjadi pembelajaran bagi siswa," katanya. 
 Rombongan disambut oleh ketua RT Agus sebagai penggagas kampung mino. Ketua RT ini mengajak siswa berkunjung ke rumah Mangun sebagai sesepuh dan pengusaha mino. Menurut Mangun ketrampilan membuat Mino merupakan warisan nenek moyang yang sekarang sudah jarang diminati generasi muda. 
Kemudian rombongan diantar ke salah satu rumah produksi milik Ruswanto.  Para siswa bisa melihat langsung pembuatan mino dari pengadonan,  pemanggangan hingga pengemasan. 
"Disini siswa mengaku baru pernah melihat "gentong" tungku tradisional khusus untuk memanggang kue mino," tambah Atun
Parsito

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: hLITeg2Y1ugtqgMvCw97z