Lingkar Banyumas

Sekda Banyumas Buka STQ dan MTQ Pelajar

Selasa, 06 November 2018 08:34 WIB

Sekda Banyumas Buka STQ dan MTQ Pelajar

Suara Purwokerto - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyumas Ir Wahyu Budi Saptono MSi membuka Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-25 dan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-33 tingkat Kabupaten Banyumas tahun 2018, Senin (5/11) di Pendopo Sipanji Purwokerto.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda, Bupati Banyumas berharap kegiatan ini dapat memilih duta-duta terbaik dari Kabupaten Banyumas yang akan berlaga di ajang serupa di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Selain membuka STQ dan MTQ, Sekda Wahyu Budi Saptono juga melepas kafilah yang akan berlaga pada Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) SD ke-21 tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Wonogiri. Kafilah lomba MAPSI sebanyak 82 orang, terdiri 36 orang peserta, 30 pelatih, dan 16 ofisial.

STQ akan berlangsung Selasa (6/11), dengan empat cabang yang diperlombakan. Keempat cabang tersebut meliputi cabang tilawah goongan dewasa, hifdzil Qur’an golongan 1 juz dan 5 juz, serta hifdzil Qur’an golongan 10, 20 dan 30 juz.

Adapun MTQ pelajar akan digelar pada Rabu (7/11), terdiri cabang tilawah dan tartil. Masing-masing cabang dikategorikan ke dalam golongan SD/MI, golongan SMP/MTs, dan golongan SMA/SMK/MA.

Juara pertama MTQ untuk masing-masing cabang akan mengikuti lomba serupa tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan berlangsung di Kabupaten Wonogiri,  tanggal 12-15 November mendatang.

“Untuk MTQ tinkat provinsi, insya Allah kami akan mengirimkan 16 peserta, 7 ofisial, 2 pelatih dan 3 pengemudi. Adapun untuk STQ tingkat provinsi, kami akan mengirimkan 14 peserta, 7 ofisial, 2 pelatih dan 3 pengemudi,” kata Kabag Kesra Setda Kabupaten Banyumas, H Fatikul Iksan SH MHum.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 8nX9q6XEmiVu81vLSM2jq