Lingkar Banyumas

KSR Banyumas Ikuti Diklan Vertikal Rescue

Senin, 17 September 2018 19.18

KSR Banyumas Ikuti Diklan Vertikal Rescue

Suara Purwokerto - Sebanyak 30 Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Banyumas mengikuti pendidikan lanjutan (Diklan) Vertical Rescue (VR) yang dilaksanakan Minggu (16/9) di sekitar Curug Bayan Desa Ketenger Kecamatan Baturraden. Pelaksanaan tersebut melibatkan personil Siaga Berbasis Masyarakat (SIBAT) Baturraden yang juga termasuk binaan relawan PMI Kabupaten Banyumas.

KetuaKSR PMI Banyumas Fatih mengutarakan keterlibatan Sibat untuk memudahkan peserta dalam berkegiatan. Karena relawan sibat sudah menguasai lokasi kegiatan dan menguasai materi yang diajarkan peserta.

"Pelatihan ini sangat penting bagi relawan yang tergabung dalam KSR. Sebagai anggota muda KSR harus menempuh bebrapa kegiatan untuk menjadi anggota tetap antara lain Diklan VR, Gunung Hutan, pertolongan air dan pengembaraan," jelasnya

Anggota MudaKSR yang dilantik adalah mereja yang sudah menempuh berbagai latihan tersebut.

Dalam pelatihan VR ini sudah ditunjang peralatan VR yang dimiliki KSR PMI yang terbilang paling lengkap di Kabupaten Banyumas.

"Sehingga KSR memanfaatkan untuk pelatihan dan suatu saat ada bencana dapat langsung digunakan dalam membantu kebencanaan," tambahnya.
Parsito

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX