Lingkar Banyumas

Ratusan Siswa An Nida Purwokerto Ikuti Manasik Haji

Jumat, 24 Agustus 2018 14.34

Ratusan Siswa An Nida Purwokerto Ikuti Manasik Haji

Suara Purwokerto -Ratusan Siswa dari Yayasan Lempabaga Pendidikan Islam An Nida Purwokerto mengikuti manasik haji, Jumat (24/8) di Alun-alun Purwokerto. Manasik haji diikuti peserta dari jenjang TK, SD dan SMP yang dibagi bebeberapa kelompok.

Kepala Sekolah SD An Nida Mohammad Arief Rahman Wahid, selaku ketua panitia mengatakan, manasik haji merupakan kegiatan rutin diselenggarakan setiap tahun oleh lembaganya. Hal tersebut bertujuan untuk mengedukasi memberi pemahaman dan ilmu berhaji dan dapat memberikan semangat dan motivasi kepada siswa agar mereka memiliki niat yang kuat untuk melaksanakan ibadah haji dikemudian hari. Mengingat ibadah haji ibadah yang agung dan menjadi salah saltu ibadah yang masuk rukun islam.

“Peserta terdiri dari anak-anak TK 60 anak, SD 224 anak dan SMP 35 anak,” kata Arif.

Arif menambahkan rangkaian manasik haji yang dilakukan ramah dengan anak-anak mengingat susasana di Alun-alun sangat panas. Semula pemberangkatan dengan menggunakan ihram, menuju arofah untuk wukuf di Arafah. Kemudian peserta melakukan thawaf di Ka’bah dialnjutkan melakukan ibadah sai sebanyak tujuh putaran, kemudian minum air zam-zam sebagai sariat. Kemudian bermalam di Mina dan Musdalifah untuk mengajarkan anak menjamak sholat, kemudian lempar jumroh Ula, Wusto dan Aqobah.

“Kegiatan terakhir adalah pos tahalul atau potong rambung. Yang sebenarnya untuk laki laki dipotong gundul dan wanita minimal 3 helai,” tambahnya

Untuk memotivasi anak-anak, penyelenggara memilih peserta terbaik dalam manasik haji, akan diberikan penghargaan.

Parsito

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX